5 Jenis Bunga Anggrek yang Mudah Perawatannya, Mau Coba untuk Menghias Rumah?
Ilustrasi jenis bunga anggrek (Unsplash/Tim Mossholder)

Bagikan:

JAKARTA – Mengatasi rasa bosan selama di rumah, bisa mengisi waktu dengan berkebun atau merawat tanaman hias. Salah satu tanaman hias yang cantik bunganya adalah anggrek. Namun, rasa enggan sering terbesit karena bunga ini ada yang susah perawatannya.

Tenang, tidak semua varian bunga eksotis ini susah perawatannya. Berikut jenis-jenis bunga anggrek yang cara merawatnya sangat mudah.

1. Anggrek Dendrobium

Bunga anggrek jenis dendrobium tergolong mudah berbunga dan perawatannya. Jenis ini juga termasuk populer. Yang menyenangkan lagi, bunganya bisa bertahan hingga dua minggu.

jenis-jenis anggrek dan gambarnya
Ilustrasi anggrek dendrobium (Unsplash/Laura Ockel)

Bunga anggrek yang mudah perawatannya ini, dendrobium, asli dari Indonesia dan punya berbagai warna serta bentuk. Karena genus terbesar di dunia, berarti memiliki kemampuan adaptasi yang tinggi. Anda yang tinggal di dataran rendah juga bisa memelihara tanaman hias ini.

2. Anggrek Cattleya

Meski lama berbunga tak seperti dendrobium, anggrek cattleya yang banyak ditemukan di Amerika Selatan ini cukup mudah merawatnya.

jenis-jenis anggrek dan gambarnya
Ilustrasi anggrek cattleya (Unsplash/Laura Ockel)

Asalkan cukup terpapar matahari, maka akan lebih sering berbunga. Bunganya akan rontok dalam beberapa hari. Harganya akan semakin mahal jika semakin dewasa.

3. Anggrek Vanda

Dikenal dengan Singapore Orchids, anggrek vanda harganya akan melonjak jika ukuran bunganya semakin besar. Bunga anggrek vanda bisa tumbuh di hampir seluruh Asia dan Australia.

jenis-jenis anggrek dan gambarnya
Ilustrasi anggrek vanda (Unsplash/Kalsey Weinkauf)

Berbeda dengan tanaman anggrek lainnya yang bisa hidup tanpa tanah. Tetapi anggrek vanda tumbuh di tanah, baik di pot maupun di gantung.

4. Anggrek Phalaenopsis

Anggrek bulan atau dikenal dengan phalaenopsis juga banyak sekali dikoleksi. Dibanding jenis anggrek sebelumnya di atas, anggrek bulan lebih butuh perawatan ekstra agar berbunga terus.

jenis-jenis anggrek dan gambarnya
Ilustrasi anggrek bulan (Unsplash/Wolfgang Hasselmann)

5. Anggrek Laelia

Dibanding anggrek bulan dan anggrek vanda, anggrek laelia punya bagian petal dan sepal yang agak menggulung. Bunga dari anggrek laelia terlihat lebih ramping dan menarik.

jenis-jenis anggrek dan gambarnya
Ilustrasi anggrek laelia (Unsplash/Muhammadh Saamy)

Berdasarkan arahan dari kanal YouTube Fahri Orchid, agar anggrek rajin berbunga perlu diberi pupuk dekastar. Ada dua varian pupuk dekastar, varian pertama dipakai untuk menjaga agar dan daun tetap tumbuh subur. Sedangkan varian dekastar lainnya untuk pembungaan anggrek.

Ditambah lagi, perlu memastikan bahwa dekastar pembungaan mengandung nitrogen rendah, rendah fosfat, dan rendah kalium. Sebaliknya, apabila dekastar yang tinggi ketiga kandungan tersebut baik untuk pertumbuhan daun dan akar.