Manfaat Daun Suji untuk Kesehatan, Sudah Tahu?
Ilustrasi (Gbr: Instagram @pandanusindia)

Bagikan:

JAKARTA - Dari dulu, daun suji sudah terkenal sebagai salah satu bahan pewarna makanan alami. Daun suji hanya perlu diblender atau dicacah, lalu dicampurkan pada bahan makanan, maka warna hijau alami akan langsung keluar. 

Tidak hanya berfungsi sebagai bahan pewarna makanan, rupanya daun suji juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, lho. Manfaat itupun tak kalah dari dibandingkan tanaman herbal lainnya. Berikut VOI akan mengulas lima manfaat daun suji untuk kesehatan tubuh.

Meningkatkan imunitas

Daun suji mengandung zat polifenol. Zat inilah yang berperan penting dalam mendukung kinerja sel-sel tubuh Anda untuk melawan infeksi. Alhasil, imunitas tubuh menjadi lebih kuat dan antibodi yang Anda miliki bisa lebih besar. Risiko terkena infeksi serius dari kuman, bakteri, maupun virus pun bisa dikurangi.

Menambah nafsu makan

Anak malas makan? Coba deh Anda membuat makanan dengan ekstrak daun suji. Tanaman hijau yang satu ini punya efek positif buat menambah nafsu makan seseorang. Masalah berat badan anak pun bisa teratasi dengan nafsu makan yang baik. Anda hanya perlu menambahkan daun suji ke dalam makanan sebagai pewarna dan coba lihat, anak akan semangat mengonsumsi makanan yang diberi pewarna daun suji.

see_also]

- https://voi.id/lifestyle/66327/selain-bikin-rumah-terlihat-asri-ini-11-daftar-tanaman-hias-yang-bisa-jadi-obat

- https://voi.id/lifestyle/65996/5-jenis-bunga-anggrek-yang-mudah-perawatannya-mau-coba-untuk-menghias-rumah

- https://voi.id/lifestyle/65789/ingin-tanaman-hias-di-rumah-lekas-bertunas-ketahui-5-kegunaan-hydrogen-peroxide

- https://voi.id/lifestyle/65609/ini-5-camilan-khas-indonesia-untuk-temani-i-work-from-home-i

- https://voi.id/lifestyle/64678/cara-membuat-tanaman-kering-untuk-hiasan-ruangan

[/see_also]

Mengurangi nyeri haid

Jika Anda termasuk orang yang kerap mengalami nyeri haid atau dismenore tiap bulannya, Anda bisa menjadikan daun suji sebagai obat untuk mengatasinya. Daun suji memiliki kandungan senyawa saponin. Senyawa ini diklaim dapat meredakan peradangan yang menimbulkan nyeri. Tentu saja nyeri haid yang timbul karena peradangan dan kontraksi otot rahim juga bisa diminimalkan.

Menurunkan kolesterol

Kadar kolesterol tinggi adalah pemicu berbagai penyakit serius, seperti penyakit jantung koroner dan juga stroke, di mana keduanya menjadi sumber penyebab kematian tertinggi di dunia. Nah, daun suji dapat menjadi penolong untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga risiko terkena penyakit serius tersebut bisa dikurangi. Bahkan, dalam sebuah penelitian, ekstrak daun suji disebut-sebut bisa menurunkan kadar kolesterol darah hingga 50 persen

Mengatasi masalah pernapasan

Ekstrak daun suji juga telah lama dikonsumsi sebagai obat herbal di beberapa daerah di Indonesia untuk mengatasi beragam keluhan pernapasan. Ini karena daun suji punya kemampuan membunuh berbagai jenis bakteri, tidak terkecuali bakteri penyebab masalah pernapasan seperti Streptococcus Pneumoniae yang menyebabkan pneumonia dan Mycobacterium yang memicu penyakit TBC.