Ingin Mengekspresikan Cinta? Ini Makna 15 Jenis Bunga untuk Orang Spesial
Ilustrasi bunga-bunga (Pexels/Dominica Roseclay)

Bagikan:

JAKARTA – Mengekspresikan perasaan bisa dengan berbagai cara, termasuk dengan mengirim buket bunga. Tapi, tahukan Anda bahwa setiap bunga menyimbolkan perasaan tertentu?

Bunga sebagai bahasa simbolik sudah dikenal sejak berabad lampau. Yang banyak mengekspresikan perasaan dengan bunga kebanyakan masyarakat di seluruh Eropa dan Asia. Bunga-bunga juga membudaya lewat cerita mitologi, folklore, dan sonata atau karya sastra lainnya.

Apabila Anda ingin mengungkapkan cinta dengan bunga, makna dan jenisnya berdasarkan daftar berikut.

Mawar

Bunga mawar populer di saat Hari Valentine. Bunga mawar berwarna merah melambangkan cinta, romansa, keindahan serta kesempurnaan. Menurut Michael Gaffney, Director of the New York School of Flower Design, mawar sangat ikonik dan terkenal 'mahal'.

Chrysanthemum merah

Bunga krisan atau chrysanthemum yang berwarna merah menjadi simbol cinta dan gairah. Jika Anda ingin lebih romantis pada kekasih, tak keliru jika mengirim satu buket bunga krisan merah untuk mengungkapkan perasaan Anda.

makna bunga secara umum
Ilustrasi bunga krisan (Pexels/Karolina Grabowska)

Peony

Bunga peony sering dikaitkan dengan romansa, kemakmuran, dan rasa malu. Beberapa orang juga memercayai bahwa peony pembawa keberuntungan. Dalam mitologi Yunani, Apollo sering mengirim bunga peony kepada dewi-dewi ketika jatuh hati pada kecantikannya.

Aster merah muda

Bunga aster melambangkan Venus atau dewi cinta. Tak ayal lagi, Anda dapat mengungkapkan rasa cinta, pesona, dan perasaan yang sensitif dengan bunga aster merah muda.

Tulip

Menurut Gaffney dilansir oleh womans day, tulip berarti cinta yang sempurna. Saat kelopak bunganya mekar, terlihat sangat anggun. Bunga yang paling ikonik dengan negara Belanda ini menyimbolkan rasa nyaman dan kehangatan.

Anda tertarik mengirim bunga ini pada Hari Valentine untuk orang terkasih?

makna bunga tulip
Ilustrasi buket bunga (Pexels/Amina Filkins)

Lili

Bunga lili berwarna putih mengesankan kecantikan, classy, dan stylish. Kata Gaffney, seorang pria yang mengirim bunga lili putih artinya telah mengenal pasangannya dengan baik.

Anggrek

Bunga anggrek tergolong langka sebab untuk berbunga membutuhkan perlakuan ekstra. Anggrek melambangkan kemewahan, kekuatan, dan tentu saja cinta. Jika Anda ingin merayu, kirimkan bunga ini.

Anyelir

Meskipun kelopak bunga terlihat tak sempurna atau acak-acakan, namun anyelir melambangkan pesona dan kebaruan cinta. Beberapa tradisi mungkin menganggap anyelir adalah bunga yang buruk untuk dikirim sebagai buket. Tetapi, bunga ini luar biasa dan mengesankan keceriaan yang hangat.

Bunga matahari

Penampakannya memang benar-benar seperti matahari yang mewakili kehangatan dan kebahagiaan. Warnanya menggambarkan musim panas dan dapat dikirimkan untuk meningkatkan semangat.

Gardenia

Aromanya yang harum menyimbolkan kemurnian dan kegembiraan. Gaffney menambahkan bahwa bunga ini menyimbolkan rasa cinta yang konvensional.

makna bunga secara umum
Ilustrasi bunga daffodil (Pexels/Jill Wellington)

Bunga daffodil

Bunga ini sering dipakai dalam perayaan peringatan 10 tahun. Artinya, Anda dapat memberikan pada orang tercinta pada hari spesial.

Lavender

Simbol kesetiaan adalah bunga berwarna ungu, lavender. Di samping dapat mengungkapkan perasaan, lavender juga seringkali dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Misalnya untuk tisane atau teh herbal yang menenangkan.

Melati

Bunga beraroma seperti melati menyimpan makna manisnya cinta. Sebab aroma berpendar dan membuat seseorang jadi terbawa suasana, maka dapat juga dimanfaatkan untuk pewangi ruangan.

makna bunga marigold
Ilustrasi bunga marigold (Pexels/Amit Mishra)

Marigold

Apabila Anda berkunjung ke Bali, bunga marigold ditemukan pada persembahan masyarakat setempat untuk Sang Pencipta. Nama persembahan tersebut dikenal dengan canang sari. Di balik fakta tersebut, bunga ini menyimbolkan kedalaman rasa, nelangsa, dan kesungguhan hati.

Bunga iris

Bunga iris ada yang berwarna biru, putih, dan kuning. Tak peduli warnanya, namun bunga ini memiliki konotasi pada keyakinan dan harapan. Saran Gaffney, bunga iris dapat dipadukan dengan tulip merah agar terlihat menawan.