Makna Warna Bunga Mawar dari 9 Warna Berbeda
Ilustrasi makna warna bunga mawar (Unsplash/Ivan Jevtic)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Bunga mawar identik dengan simbol romantis dan cinta. Mawar menjadi bunga yang banyak dipilih untuk mengungkapkan perasaan kepada orang terkasih. Biasanya yang paling banyak digemari adalah mawar merah dan putih. Padahal selain kedua warna tersebut, masih ada beragam bunga mawar dengan warna yang bervariasi. 

Makna bunga mawar memiliki perbedaan di setiap warnanya, baik itu mawar merah, putih, kuning, pink, lavender, oranye, dan sebagainya. Jadi anda perlu tahu makna pada setiap warna bunga mawar agar tidak salah memilih. Pastikan anda memberikan bunga mawar dengan warna yang sesuai tujuan atau maksud anda.

Makna Warna Bunga Mawar 

Berikut beragam penjelasan makna warna pada bunga mawar yang bisa anda jadikan panduan sebelum memilihnya. 

Mawar Merah

Bunga mawar berwarna merah adalah jenis mawar yang paling populer. Mawar merah sangat lekat sebagai ungkapan cinta dan romantisme. Mawar dengan warna eksotik dan kuat ini memiliki arti cinta dan kekaguman. 

Meski demikian, sebaiknya jangan menggunakan mawar merah ketika akan atau baru menjalin hubungan. Mawar merah lebih cocok untuk diberikan kepada istri atau pasangan untuk jangka panjang. 

Mawar Kuning

Mawar kuning memang tidak terlalu populer dibandingkan mawar merah. Mawar dengan warna yang lebih lembut ini memiliki makna persahabatan. Mawar kuning sangat cocok diberikan kepada sahabat atau teman untuk menyampaikan hubungan pertemanan. 

Mawar Putih

Mawar putih termasuk jenis mawar yang lumayan populer. Mawar ini kerap dipilih dan mudah ditemukan meski tidak sebanyak mawar merah. Mawar putih memiliki makna keperawaran, suci, dan kemurnian. Mawar ini cocok digunakan untuk mewakili pernikahan atau memulai hubungan baru. 

Mawar Pink atau Merah Muda

Mawar pink memiliki makna penghargaan dan kepolosan. Mawar ini cocok diberikan sebagai ungkapan apresiasi atas pencapaian seseorang. Selain itu mawar ini juga cocok diberikan sebagai ungkapan penghormatan, bisa kepada orang tua, teman dekat, dan sebagainya. Mawar ini juga dapat dijadikan sebagai pengganti mawar putih. 

Mawar Ungu

Mawar ungu melambangkan gairah dan cinta. Mawar ungu biasany digunakan untuk menunjukkan perasaan cinta dalam suatu waktu atau momentum tertentu. Namun mawar ini juga cocok digunakan sebagai ungkapan perasaan cinta. 

Mawar Hitam

Mawar hitam memang cukup langka ditemukan. Mawar ini biasanya banyak ditampilkan dalam film atau kisah-kisah fiksi. Seperti warnanya, mawar hitam dilambangkan sebagai ungkapan misteri atau hal-hal berbau mistis. Selain itu mawar hitam juga melambangkan perasaan duka dan kematian.

Mawar Biru

Mawar biru termasuk jenis mawar yang unik dan langka ditemukan. Mawar ini memiliki makna kemisteriusan dan intrik. Biasanya mawar ini digunakan sebagai ungkapan pengagum rahasia. 

Mawar Oranye

Mawar warna oranye cukup mudah ditemukan namun jarang dipilih. Mawar ini memiliki warna pastel dengan kesan lembut. Warna oranye memiliki makna kehangatan, keramahan, dan kesopanan. Mawar dengan warna elegan ini dapat digunakan untuk mengungkapkan perasaan kagum hingga penghargaan. 

Mawar Cream atau Krem 

Mawar warna krem memiliki makna kepedulian, perhatian, dan pesona. Mawar jenis ini juga menjadi simbol keagungan. Mawar krem dapat digunakan untuk menujukkan ungkapan kepedulian tanpa bertendensi cinta. 

Itulah makna dari berbagai warna bunga mawar. Setiap warna bunga mawar memiliki makna atau perlambang yang berbeda-beda. Jadi pastikan anda memiliki mawar dengan warna yang sesuai tujuan dan maksud pemberian anda. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.