8 Tipe Aroma yang Umum Digunakan Pada Produk Parfum
Parfum (Andreas N-Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Saat memilih produk wewangian, Anda mungkin akan mencari jenis berdasarkan ketahanannya. Misalnya, eau de cologne, parfume, eau de parfume, hingga eau de toilette. 

Namun, apakah Anda sudah mengenali tipe-tipe aroma yang umum ada di dalam parfum? Tipe aroma ini umumnya sangat personal dan bisa menggambarkan karakteristik seseorang. 

Jika sudah tahu tipe aroma favorit, ini akan memudahkan Anda dalam memilih parfum saat akan membelinya. Tak perlu bingung dan mencoba lebih banyak, Anda hanya perlu menyortir calon parfum baru berdasarkan tipe aromanya. 

Berikut tipe-tipe aroma parfum yang umum di pasaran: 

Musk

Pasti Anda sering mendengar parfum beraroma musk, kan? Pada zaman dahulu, wewangian ini diambil dari kelenjar rusa Tibet. Namun, karena hewan tersebut dilindungi, lalu muncul varian white musk yang merupakan modifikasi dari musk. 

White musk sendiri diambil dari ekstrak tumbuhan dan menghasilkan aroma yang sensual dan hangat. Salah satu parfum yang terkenal dengan white musk-nya adalah dari brand The Body Shop. Tipe parfum ini cocok untuk digunakan sehari-hari karena wanginya sangat lembut dan memberikan efek rileks. 

Oceanic air

Istilah oceanic air ini biasanya produk parfum tersebut punya wangi yang terinspirasi dari aroma laut yang ringan dan menyegarkan. Saat memakainya, Anda bisa membayangkan momen saat liburan ke pantai dengan udara segar, aroma laut, dan ketenangan sekaligus menyegarkan.

Gourmand

Parfum dengan tipe gourmand ini biasanya lebih ke arah manis dari campuran vanilla dan tonka bean.

Kandungan tonka bean juga cukup umum digunakan di dalam parfum. Aromanya bisa dibilang mirip biji kopi. Secara keseluruhan, tipe aroma gourmand ini mirip seperti dessert nan manis dengan rempah seperti kayu manis, cokelat, dan madu. 

BACA JUGA:


Floral

Parfum dengan aroma floral ini tentunya mengedepankan wangi bunga yang aromatik dan memberikan kesan feminin serta romantis. Parfum wangi floral ini termasuk yang populer dan disukai banyak wanita. Aromanya klasik dan pas untukd digunakan dalam berbagai suasana. 

Fruity

Selain wangi bunga, banyak juga yang yang suka parfum aroma buah segar. Parfum dengan aroma buah ini biasanya terbuat dari bahan dasar ekstrak stoberi, ceri, jeruk, peach, dan kelapa.

Bisa juga dipadukan dengan bunga-bungaan seperti mawar atau lili. Jenis parfum ini biasanya banyak digunakan oleh remaja untuk sehari-hari karena memberikan kesan segar dan ceria. 

Powdery 

Bila suka wangi-wangi lembut seperti bedak bayi atau sensasi segar seperti habis mandi, Anda akan cocok dengan aroma powdery. Aromanya sangat lembut, tipis, dan tak terlalu mencolok.  Cocok untuk kegiatan sehari-hari seperti kuliah atau bekerja. 

Woody

Seperti namanya, unsur aroma kayu sangat kental dalam parfum jenis ini. Biasanya bahan yang digunakan adalah kayu cendana atau pinus. Waktu pakai parfum ini, Anda bisa membayangkan diri berada di dalam hutan yang basah dan menyegarkan. 

Green

Untuk yang suka wangi-wangi alam seperti dedaunan dan pohon, Anda bisa mecoba parfum tipe green. Aromanya biasanya dari bergamot, oakmoss, patchouli, dan abdanum. Wanginya sangat menenangkan sekaligus refreshing.