Melihat 4 Keunikan Boyolali, 'Selandia Baru-nya' Jawa Tengah
Patung sapi raksasa di Boyolali. (Istimewa).

Bagikan:

JAKARTA – Kabupaten Boyolali kerap dijuluki sebagai New Zeeland Van Java alias Selandia Baru-nya Jawa karena kabupaten tersebut merupakan produsen susu terbesar, bukan hanya di Jawa Tengah, namun juga seluruh Pulau Jawa.  

Selain terkenal dengan produksi susu murninya yang melimpah, Kabupaten yang memiliki luas 1.015 kilometer persegi ini ternyata mempunyai keunikan atau keunggulan yang jarang diketahui masyarakat.

Apa saja? Berikut kami sajikan informasi lengkapnya.

Dirangkum VOI dari berbagai sumber, berikut keunikan atau keunggulan Boyolali selain sebagai produsen susu sapi:

1. Keramik Boyolali tembus pasar dunia

Tak hanya terkenal sebagai produsen susu sapi murni, Kabupaten Boyolali juga terkenal dengan produksi keramiknya yang sudah menembus pasar internasional.

Menurut Roy Wibisono, salah satu pengusaha keramik asal Boyolali yang juga Direktur Nuasa Porcelen Indonesia, keramik yang diproduksi di Boyolali semuanya menggunakan bahan-bahan lokal.

“Kami selalu memakai riset. Ide itu didukung tim solid. Saya orang (lulusan) kimia. Lalu, ada tim isi, tim marketing, jadilah tim riset,” ujar Roy, dikutip dari laman resmi Balai Besar Keramik, Jumat 9 April.

2. Keju Boyolali

Sebagai daerah penghasil susu sapi berkualitas, Boyolali juga terkenal dengan kejunya. Keju sendiri adalah produk olahan susu yang telah melewati proses pengentalan dan koagulasi.

Ilustrasi Keju. (Freepik).
Ilustrasi Keju. (Freepik). 

Keju produksi Boyolali sudah dipasarkan ke beberapa kota di Indonesia, seperti Semarang, Jogja, Malang, Pontianak dan lain sebagainya.

3. Punya objek wisata menarik

Keunggulan lain dari Kabupaten Boyolali adalah objek wisatanya. Boyolali memiliki beberapa lokasi wisata dengan pemandangan yang begitu apik karena letaknya yang berada di lereng Gunung Merbabu.

Ilustrasi. (Istimewa).
Ilustrasi objek wisata di Boyolali. (Istimewa). 

Beberapa destinasi wisata yang menarik di Boyolali berada di daerah Selo, antara lain New Selo, Bukit Gancik, Wisata Bukit Lempuyang Taman Merapi Garden, dan lain sebagainya.

4. Kota bebas pungli

Selain terkenal sebagai Kota Susu, Boyolali juga dikenal sebagai kota bebas pungutan liar (Pungli). Boyolali pernah mewakili Kabupaten di Jawa Tengah untuk maju di kontestasi Kota Bebas Pungli yang diselenggarakan oleh Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liat (Satgas Saber Pungli) pada Februari 2021 lalu.

Dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng, Boyolali tercatat pernah mendapatkan penghargaan terbaik nasional dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), yakni predikat Predikat Terbaik Capaian Aksi Koordinasi dan Supervisi Pencegahan Korupsi Secara Nasional pada 2019.