6 Tanaman Hias Indoor yang Aman bagi Kucing dan Anjing
Ilustrasi (Huy Phan/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda yang memiliki anjing atau kucing sekaligus pencinta tanaman hias, sangat penting mengetahui jenis tanaman hias apa saja yang aman bagi hewan peliharaan Anda. Baik karena nakal atau rasa ingin tahu, anjing dan kucing bisa saja tergoda untuk menggigit bahkan memakan tanaman hias Anda, khususnya yang ada di dalam rumah.

Untuk itu, Anda perlu memastikan apa saja tanaman hias indoor yang aman bagi kucing dan anjing sebelum dibawa pulang ke rumah.

Chinese Money Plant (Pilea Peperomioides)

Tanaman hias dengan karakteristik mudah dirawat ini merupakan bagian dari famili Urticaceae tapi tergolong aman bagi kucing dan anjing. Ciri khasnya adalah daun bulat dan tebal berwarna hijau cerah. Chinese money plant bisa diposisikan di tempat yang terpapar cahaya langsung maupun tidak langsung. Lakukan penyiraman hanya jika tanah sebagai media tanam terlihat kering. Daun hijaunya akan layu, jika kurang dilakukan penyiraman.

Echeveria (Echeveria spp.)

Sukulen jenis ini jadi pilihan aman jika di rumah memelihara kucing dan anjing. Bentuk daunnya menyerupai bunga mawar, dengan campuran warna hijau-silver, biru-hijau, hingga ungu muda. Sama seperti sukulen lainnya, Anda perlu menempatkan echeveria di tempat yang terkena sinar matahari selama 4-6 jam setiap hari. Siram tanaman ketika tanah benar-benar kering sekitar satu atau dua minggu sekali. Tanaman ini tak akan bertahan jika kebanyakan air, tapi bisa tumbuh baik meski sudah lama tak disiram.

Spider Plant (Chlorophytum)

Spider plant memiliki fungsi memurnikan udara di dalam rumah. Tanaman hias yang mudah sekali tumbuh ini, menurut psikolog dapat membantu mengatur emosi baik dan menjaga suasana hati jika dipajang di meja kerja Anda. Bagusnya lagi, spider plant juga termasuk dalam tanaman hias indoor yang aman bagi kucing dan anjing. Tanaman ini toleran terhadap berbagai kondisi cahaya, kelembapan, dan tanah sehingga perawatannya pun cukup mudah.

Areca Palm (Dypsis Lutesecens)

Dikenal juga sebagai palem kupu-kupu, Dypsis lutescens membuat interior ruangan terasa seperti daerah tropis. Terkadang daun palem memicu naluri kucing untuk memukul serta menggigit, dan untungnya tanaman ini aman.

Variasi pohon palem dalam ruangan ini membutuhkan banyak cahaya terang. Idealnya, letakkan di jendela yang menghadap ke selatan atau barat. Pilih jenis pot yang memiliki drainase baik sebab Anda harus membiarkan tanah mengering sebelum melakukan penyiraman selanjutnya.

Boston Fern (Nephorolepis)

Pakis Boston atau pakis pedang, tanaman hias favorit karena punya daya tahan bagus. Anjing dan kucing biasanya tertarik memakan daun pakis sebab bentuknya panjang dan berbulu lebat. Tapi ini tak jadi masalah sebab masuk kategori aman. Boston fern menyukai kelembapan dan banyak cahaya terang yang tidak langsung.

Peperomia (Peperomia spp.)

Peperomia terkadang disebut sebagai tanaman karet bayi. Tanaman hias yang mungil ini memiliki banyak varietas. Anda dapat memilih salah satunya, karena hampir semua varietas perawatannya sangat mudah.

Menurut The American Society for the Prevention of Cruelty to Animals (ASPCA), dilansir dari The Spruce, Senin, 28 Agustus, itulah enam daftar tanaman hias indoor aman bagi kucing dan anjing. Anda suka yang mana?