5 Tanaman yang Bisa Menghias Sekitar Rumah, Manfaatnya Baik untuk <i>Healing</i>
Ilustrasi tanaman hias yang bermanfaat baik untuk healing dan kesehatan (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanaman tertentu dapat bermanfaat baik untuk healing atau penyembuhan. Baik dengan mengonsumsi daun-daunnya sebagai salad, ada juga tanaman yang bisa menyerap CO2 dalam ruangan dan membersihkan udara. Tertarik untuk menanam tanaman hias yang bermanfaat baik untuk healing dan kesehatan tersebut di sekitar rumah? Yuk, berikut simak apa saja tanaman tersebut.

1. Aloe vera

Sudah rahasia umum, bahwa aloe vera atau populer dikenal dengan lidah buaya banyak sekali manfaatnya. Selain untuk kesehatan, aloe vera baik untuk menjaga kecantikan kulit. Menurut Brie Arthur, Vice President of Horticulture di Gardenuity dilansir laman Martha Stewart, Rabu, 26 Oktober, lidah buaya adalah tanaman rumah yang dapat mengurangi peradangan kulit. Gel bening di dalam daunnya bisa mengobati luka bakar dan infeksi kecil pada kulit.

Jika gel tersebut diminum, papar Arthur, dapat membantu menjaga keseimbangan sistem pencernaan. Tanaman ini juga menawarkan sifat anti inflamasi dan mendorong bakteri baik dalam usus.

tanaman hias yang bermanfaat baik untuk healing dan kesehatan
Ilustrasi tanaman hias yang bermanfaat baik untuk healing dan kesehatan (Freepik/Teksomolika)

2. Marigold Inggris

Marigold Inggris dikenal dengan bunga jeruk, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit jika dipakai secara topikal. Ketika dioleskan pada kulit, gigitan serangga yang bengkak bisa kempis dan rasa sakit memudar. Di samping itu, warna bunganya jingga dapat menyegarkan mata.

3. Jahe

Kalau tak memiliki lahan tanah yang luas, Anda bisa menanam jahe dalam pot. Jahe juga berbunga, yang mana dapat membantu menyeimbangkan sistem pencernaan. Rimpang tanaman jahe bisa dipakai secara topikal dan oral. Secara topikal, bisa diolah sebagai minyak atau dioleskan langsung untuk menghangatkan. Sama seperti ketika dikonsumsi secara oral, bisa membantu mengatasi mual, dibuat teh yang menenangkan, dan melawan flu.

4. Pegagan

Selain diolah sebagai camilan sehat, seperti keripik, daun pegagan juga bisa sebagai bahan campuran salad segar. Dalam pengobatan Ayurveda, tanaman pegagan dapat membantu tingkat kognisi dan mempertajam ingatan, menurut Dr. Michael J. Balick, wakil presiden di Botanical Science, The New York Botanical Garden.

5. Spider plant

Masih memiliki fungsi yang sama, selain spider plant, Anda juga bisa menanam snake plant, fiddle leaf fig, ponytail palm, dan boston fern. Tanaman tersebut dapat memurnikan udara di dalam rumah. Tanaman hias yang mudah sekali tumbuh ini, menurut psikolog dapat membantu mengatur emosi baik dan menjaga suasana hati jika dipajang di meja kerja Anda.

Dari kelima tanaman di atas, mana yang sudah Anda tanam di rumah? Jika ingin menambahkan tanaman hias dalam rumah, pertimbangkan mana yang paling proporsional dengan dekorasi rumah.