Bermanfaat Sebagai Penyembuh, Tertarik Menanam 5 Tanaman Ini di Rumah?
Ilustrasi tanaman penyembuh (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Jenis tanaman tertentu, ternyata memiliki berbagai manfaat. Tanaman tersebut bisa diolah sebagai makanan, bisa juga membersihkan udara di dalam ruangan atau sekitar rumah Anda.

Tanaman yang bermanfaat disebut sebagai tanaman penyembuh. Menurut Dr. Michael J Balick, wakil presiden Ilmu Botani di The New York Botanical Garden, alam adalah ahli kimia yang brilian. Sejak jaman dahulu kala, tanaman tertentu digunakan untuk menyembuhkan dan meningkatkan kesehatan. Mengutip dari laman Martha Stewart, Selasa, 29 Maret, Brie Arthur sebagai wakil presiden hortikultura di Gandenuity memberikan ulasan singkat sekaligus manfaat tanaman penyembuh berikut ini.

1. Lidah buaya

Siapa sangka tanaman yang sekilas terlihat berduri dan kejam ini banyak manfaatnya. Mulai dari untuk perawatan kulit hingga kesehatan pencernaan. Bahkan lidah buaya dijadikan bahan produk perawatan kulit.

Lidah buaya termasuk tanaman yang mudah sekali dibudidayakan. Hanya perlu disiram tiga kali seminggu, maka tunas-tunas kecil rajin tumbuh. Menurut Arthur, lidah buaya adalah tanaman rumah yang mudah tumbuh dan bermanfaat mengurangi peradangan kulit.

Gel bening dari tanaman ini bisa dipakai mengobati luka bakar dan infeksi kulit kecil. Selain itu, gek bisa diminum untuk membantu menjaga kesehatan pencernaan. Sebab tanaman ini diuji secara ilmiah sebagai anti-inflamasi, meredakan sembelit, dan mendorong bakteri baik dalam usus.

tanaman penyembuh
Ilustrasi ashwagandha, tanaman penyembuh (iStockphoto)

 

2. Marigold Inggris

Dikenal sebagai bunga jeruk, tanaman penyembuh ini bisa dimanfaatkan secara topikal atau dioleskan pada kulit yang digigit serangga. Bunganya berwarna jingga cerah, selain indah bunganya juga mengurangi rasa sakit dan bengkak pada kulit.

3. Jahe

Tentu Anda taka sing dengan wedang jahe yang diseduh dan dinikmati ketika cuaca dingin. Rimpang tanaman jahe juga sering diolah dalam bentuk bubuk, segarm maupun dikeringkan. Tak jarang pula diolah menjadi minyak untuk pijat. Jahe juga tak hanya diseduh menjadi minuman lho. Banyak pula kue kering yang berbahan jahe dan dihidangkan pada hari-hari besar.

Rimpang jahe memiliki manfaat untuk mengatasi mual. Selain itu juga membantu melawan flu dan bersifat anti-inflamasi. Bagi Anda yang mengalami sakit tenggorokan, jahe juga membantu memulihkan.

4. Ashwagandha

Dikenal populer sebagai ginseng india, tanaman dengan nama ilmiah Withania somnifera ini bisa bermanfaat membantu tubuh menghadapi stres. Ashwagandha digunakan sebagai adaptogen, akarnya dapat digunakan untuk teh, ekstrak, bubuk, atau dikonsumsi langsung.

Tanaman penyembuh ini tumbuh sebagai semak cemara kayu. Tanamannya bersifat tahunan sehingga bisa dirawat dalam jangka waktu lama.

5. Pegagan

Tanaman perennial, Centella asiatica atau tanaman pegagan ini berasal dari Asia. Ia populer dipakai untuk pengobatan dalam Ayurveda karena manfaatnya. Menurut Balick, daun pegagan bisa dimakan segar dalam salad dan dianggap membantu mempertajam ingatan dan fokus.

Disamping kelima tanaman penyembuh di atas, ada tanaman laba-laba, lidah mertua, fiddle leaf fig, dan ponytail palm bisa menghias rumah dan bermanfaat untuk pemurni udara. Tanaman ini bersifat non edible atau tak bisa dikonsumsi. Namun membantu menghadirkan keadaan ruangan lebih positif dan menjaga kelembapan dalam ruangan tetap seimbang.