5 Tanaman Buah Cepat Panen yang Bisa Ditanam di Rumah
Ilustrasi (Anastasia Petrova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Setiap harinya kita disarankan untuk makan buah supaya kebutuhan vitamin selalu terpenuhi. Buah mudah ditemukan di pasar, tapi akan lebih baik lagi kalau bisa mendapatkannya dari halaman rumah sendiri. Pasalnya, tanaman buah yang ditanam di rumah terjamin bebas dari pestisida. 

Tanaman buah memiliki masa panen yang berbeda-beda. Untuk di rumah, tentu harus pilih yang cepat panen dan mudah perawatannya. Mengutip Dekoruma, Minggu, 29 Agustus, ini dia 5 tanaman buah cepat panen pilihan Kania yang bisa Anda tanam di rumah!

Jambu

Jambu air enak dirujak atau dimakan begitu saja. Tanaman buah yang satu ini ukurannya sedang. Jadi, sangat cocok menghiasi sudut taman ataupun pinggir rumahmu. Daunnya pun rimbun. Tanaman buah jambu air bisa panen 3 kali selama setahun. Perawatannya mudah, tapi harus waspada dengan hama ulat dan kelelawar yang mengintai buahnya.

Jambu biji

Masih tanaman buah jambu, kali ini ada jambu biji yang bisa ditanam di dalam pot. Buahnya memiliki aroma yang khas dan rasa manis. Jambu biji merupakan obat yang ampuh untuk pasien DBD. Tanaman yang termasuk tabulampot ini sebaiknya diletakkan di area yang hangat dan mendapatkan banyak sinar matahari. Tanaman buah ini mulai berbuah pada umur 2-3 tahun. Namun, tanaman yang dibudidayakan dengan cara cangkok bisa lebih cepat berbuah, yakni pada umur 6 bulan.

Sirsak

Tanaman buah sirsak cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Buahnya nikmat dimakan dan daunnya berkhasiat untuk mengurangi risiko terkena kanker. Pohon sirsak mulai berbuah pada usia 2 hingga 3 tahun. Sekali panen, Anda bisa mendapatkan 20 hingga 30 buah sirsak. Musim panen sirsak biasanya pada awal tahun.

Jeruk

Jeruk itu kaya dengan vitamin C. Beberapa varietas jeruk lainnya juga bermanfaat untuk menambah cita rasa masakan. Tanaman buah ini paling banyak ditanam oleh masyarakat. Tidak hanya perawatannya yang mudah, tanaman buah jeruk juga bisa bertahan hidup di dalam pot saja. Syaratnya mudah, pastikan penyiraman dan pemupukan dilakukan secara rutin. 

Mangga

Punya halaman yang luas? Mungkin Anda tertarik untuk menanam pohon mangga. Tanaman buah yang satu ini tergolong cukup sering berbuah dalam setahun. Buah mangga biasanya dibiarkan menggantung pada pohonnya selama 2 hingga 3 bulan, tergantung pada jenisnya. Mangga yang matang di pohon akan terasa lebih manis dan nikmat disantap. Perlu diperhatikan bahwa tanaman buah mangga berukuran besar dan membutuhkan jarak sekitar 10 meter antar pohon lainnya.