Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam agrobisnis, memilih sayuran yang ditanam dengan sistem hidroponik sangat penting. Pasalnya pemilihan tersebut akan berdampak pada waktu panen, apakah lama atau sebentar. Panen sayuran yang lama akan membutuhkan biaya perawatan yang makin besar pula. Oleh karena itu disarankan untuk memilih tanaman hidroponik yang cepat panen.

Tanaman Hidroponik yang Cepat Panen

Dalam sistem budi daya hidroponik, waktu ideal yang dibutuhkan untuk panen dari pembibitan biasanya kurang lebih satu bulan. Berikut ini beberapa rekomendasi tanaman hidroponik cepat tumbuh.

  1. Kangkung (20 – 25 hari)

Sayur kangkung sangat populer di kalangan masyarakat sehingga penanamannya cukup direkomendasikan. Tanaman ini juga dapat tumbuh di sistem hidroponik dengan sangat baik. Terhitung sejak penanaman hingga panen biasanya butuh waktu kurang lebih 20-25 hari.

  1. Selada (30 – 45 hari)

Selada juga mampu tumbuh di sistem tanam hidroponik. Bahkan saat ini sudah banyak produk selada hidroponik yang dijual di supermarket. Waktu pemanenan yang dibutuhkan tergolong singkat yakni sekitar 30 sampai 45 hari.

  1. Bayam (15 – 20 hari)

Penanaman bayam dalam sistem hidroponik cukup menguntungkan karena hasilnya lebih baik dibandingkan dengan penanaman media tanah, baik dari segi kualitas dan kuantitasnya. Tanaman ini bisa dipanen dalam waktu 15 hingga 20 hari pasta penanaman.

  1. Seledri (45 hari)

Agar seledri bisa tumbuh secara cepat dan hasilnya tetap segar, usahakan untuk memenuhi asupan cahaya matahari secara cukup. Tanaman ini bisa dipanen dengan sistem hidroponik setelah melalui masa 45 hari pascatanam.

  1. Pakcoy (30 hari)

Tanaman ini juga kerap dicari sebagai kebutuhan sayur manusia. Pakco sangat mudah tumbuh dalam sistem hidroponik bahkan penanamannya relatif mudah. Dapat dipanen kurang lebih 30 hari.

  1. Tomat Ceri (56 hari)

Agar waktu panen tomat ceri lebih singkat, perhatikan asupan cahaya mataharinya karena kebutuhannya lebih banyak dibanding tanaman lain. Dalam sisten hidroponik, tomat ceri butuh waktu 8-14 minggu untuk dipanen.

  1. Paprika (85-90 hari)

Penanaman paprika dalam sistem hidroponik mungkin belum terlalu familiar. Namun paprika bisa ditanam dengan sistem hidroponik wick. Waktu panen paprika juga tergolong singkat yakni 85-90 hari pasca penanaman.

  1. Cabai (70 hari)

Siapa sangka, cabai bisa ditanam dalam sistem hidroponik sehingga Anda bisa tetap mencukupi kebutuhan harian meski harganya sedang melambung tinggi. Cara menanam cabai hidroponik juga harus dipernatikan. Lakukan penyemaian biji lebih dulu. Setelah usia 7 – 10 hari segera pindah ke media lain misalnya kelapa, rockwool, dan lain sebagainya. Cabai akan siap panen usia kurang lebih 70 hari.

  1. Daun Bawang (42 hari)

Tanaman ini sangat cocok ditanam sistem hidroponik karena pada dasarnya daun bawang memang butuh banyak air agar bisa tumbuh subur. Usahakan ditempatkan di tempat yang terkena sinar matahari akan makin sehat. Waktu panen yang dibutuhkan kurang lebih 6-8 minggu.

Memilih tanaman hidroponik yang cepat panen bisa dilakukan, namun Anda harus memperhatikan banyak hal mulai dari vitamin dan cahaya matahari. Kunjungi VOI.id untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.