6 Tanaman Sayur yang Paling Mudah Ditanam di Halaman Rumah
Ilustrasi (engin Akyurt/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Banyak petani saat ini lebih memilih menanam tanaman yang cepat tumbuh. Sebab, semakin cepat tanaman tumbuh, semakin cepat waktu panennya. Ada beberapa jenis tanaman yang bisa tumbuh dalam waktu singkat dan cepat memanennya, salah satunya tanaman sayur atau hortikultura. Dilansir dari situs Taste of Home, Jumat, 17 Februari, berikut beberapa tanaman sayur yang cepat tumbuh dan mudah ditanam. 

Buncis

Menanam kacang buncis sangatlah mudah terutama bagi pemula. Anda hanya perlu menanam di tempat yang terkena banyak sinar matahari dengan tanah yang layak. Lalu, masukkan bijinya kira-kira satu inci ke dalam tanah dan siram secara berkala. Kacang buncis siap dipanen 50 hari setelah ditanam. Jika Anda ingin buat persediaan, tabur benih baru tiap dua hingga tiga minggu sekali dimulai pada akhir musim semi.

Ketimun

Ketimun termasuk dalam jenis tanaman merambat. Varietas tanaman merambat memiliki karakteristik pertumbuhan yang rapi dan mudah diatur, baik dibiarkan tumbuh di tanah atau di teralis khusus. Rahasia menanam ketimun agar tidak pahit yaitu menyediakan kelembapan yang merata. Jika jarang hujan, coba sirami denganvrutin. Berikan tanaman 1 inci air per minggu.

Tomat Ceri

Tomat ceri punya rasa yang lezat. Sayuran ini juga mudah tumbuh subur di halaman. Varietas tomat ceri yang enak yaitu Black Cherry, Supersweet 100, dan Sungold. Semuanya menghasilkan banyak buah manis. Tanam varietas tomat ceri yang tinggi untuk menjauhkan tanaman dari tanah dan membantu mencegah penyebaran penyakit yang ditularkan melalui tanah.

Timun Jepang

Zucchini memiliki banyak warna dan bentuk, dengan varietas seperti Zephyr dan Eight Ball. Jenis apa pun yang Anda pilih untuk ditanam, hasil panen tentu menghasilkan rasa dan tekstur optimal. Zucchini tumbuh paling baik di tanah yang subur, jadi pastikan untuk menggali beberapa sekop penuh kompos sebelum menanam.

Bawang Putih

Jika Anda menginginkan sayuran tingkat pemeliharaan yang minim, tentu bawang putih jawabannya. Di iklim dingin, bawang putih hardneck adalah pilihan terbaik sedangkan di musim panas pilih bawang putih softneck. Setelah ditanam, mulsa tanah dengan jerami untuk mencegah gulma dan menahan kelembapan tanah.

Selada

Jika Anda konsumsi salad setiap hari menumbuhkannya sendiri akan menghemat banyak uang. Selada daun adalah jenis selada yang paling mudah tumbuh, dengan varietas seperti Black Seeded Simpson, Red Sails, dan Red Salad Bowl. Semua jenis ini siap panen hanya dalam satu bulan. Mulailah memanen saat tanaman tingginya sekitar 3-4 inci. Buang bagian luar daun dan biarkan bagian dalam tanaman terus tumbuh.