Rekomendasi 5 Tanaman Apung untuk Mempercantik Kolam Ikan
Ilustrasi tanaman apung untuk mempercantik kolam ikan (Freepik/jigsawstocker)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tumbuhan untuk kolam ikan, dapat mempercantik ruangan Anda. Tidak hanya bisa diletakkan di luar ruangan, rekomendasi tanaman apung ini juga bisa bertahan di dalam ruangan. Apa saja tanaman apung untuk mempercantik kolam ikan di rumah? Ini daftarnya.

1. Hornwort

Hornwort dikenal juga dengan lumut tanduk, yang merupakan tanaman apung paling mudah perawatannya. Bagi Anda yang tak suka repot menguras tangki akuarium, maka tanaman ini bisa jadi pilihan.

Lumut tanduk berwarna hijau tua. Selain menghias dan mempercantik, tumbuhan apung untuk kolam ikan ini mengubah situasi pencahayaan akuarium jadi terlihat meneduhkan. Penting untuk Anda ketahui, tanaman ini tergolong aman untuk ikan. Tetapi Anda tetap perlu memeriksa secara rutin dan memangkasnya berkala agar pencahayaan kolam tetap seimbang.

tanaman apung
Ilustrasi tanaman apung untuk mempercantik kolam ikan (Unsplash/Lucas van Oort)

2. Duckweed

Duckweed adalah tanaman air terapung yang menarik dan dapat tumbuh subur di semua lingkungan. Bentuk daunnya kecil bisa tumbuh dengan cepat menutupi permukaan kolam. Tetapi kalau kolam ikan membutuhkan banyak cahaya atau akses yang luas pada permukaannya, duckweed bukan pilihan tanaman apung terbaik. Kecuali Anda kerap memangkas agar kolam tetap layak huni bagi ikan-ikan berwarna cantik.

3. Amazon frogbit

Sedang mencari alternatif tanaman apung untuk kolam ikan di dalam ruangan, tumbuhan amazon frogbit bisa jadi pilihan. Tanaman ini bernuansa lilypad mini yang cantik dan menyegarkan pemandangan. Selain itu, amazon frogbit juga kokoh, berdaun lebar, dan memiliki akar panjang untuk mengurangi arus dalam air.

4. Cabomba

Cabomba adalah tanaman apung yang solid tetapi tidak terlalu populer. Melansir Aquarium Source, Selasa, 20 Desember, cabomba tergolong tumbuhan gulma tetapi memiliki struktur tanaman yang menyenangkan. Tanaman ini sederhana perawatannya dan bisa bertahan hidup dalam berbagai kondisi air. Untuk kolam dengan ikan-ikan kecil, tanaman cabomba cukup memungkinkan untuk hiasan apung di atasnya.

5. Selada air kerdil

Tanaman apung selanjutnya, disebut dwarf water lettuce atau dikenal dengan apu-apu. Tanaman cantik dengan daun mirip selada ini, dikenal populer bagi pemelihara ikan. Ukuran daunnya agak besar, mudah dirawat, dan perlu dipangkas berkala untuk menjaga habitat kolam tetap seimbang.

Selain kelima rekomendasi tanaman apung untuk menghias kolam ikan yang disebutkan di atas, masih banyak jenis lainnya. Seperti pennyworth Brasil yang dikenal dengan pegagan. Tumbuhan apung ini, selain mempercantik juga bisa menjadi ‘camilan’ ikan-ikan kecil warna-warni yang tinggal di kolam.