Selain Mempercantik Taman, Ini 7 Manfaat Bunga Nasturtium
Ilustrasi manfaat bunga nasturitium, daun, dan biji buahnya (Pexels/Jeffry Surianto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tanaman nasturtium atau memiliki nama ilmiah Tropaeolum majus, merupakan tumbuhan dengan bunga warna cerah. Biasanya akan berbunga pada musim semi dan musim dingin. Baiknya lagi, di negara tropis seperti Indonesia, dapat berbunga sepanjang tahun.

Tanaman bunga nasturtium adalah salah satu tanaman multifungsi yang mudah sekali ditanam. Mereka bukan hanya berbunga ceria namun juga memiliki banyak manfaat, seperti berikut di bawah ini.

1. Seluruh bagian tumbuhan nasturtium bersifat edible

Menyenangkan dapat menanam tanaman hias yang bisa dimakan atau bersifat edible. Daunnya memiliki rasa mustard yang kuat dan dapat digunakan untuk salad atau sandwich. Selain itu, melansir Organic Gardener Australia, Kamis, 2 Februari, daunnya bisa juga sebagai bahan pesto. Sedangkan kelopak bunganya bisa ditaburkan di atas piring atau kue sebagai garnish.

manfaat bunga nasturtium
Ilustrasi manfaat bunga nasturitium, daun, dan biji buahnya (Pexels/Lorace Dean)

2. Biji dibuat acar

Untuk menggunakan biji tanaman nasturtium untuk acar, bisa dengan direndam cuka atau air garam. Kalau secara rasa, menyerupai caper asli yang bisa ditambahkan di atas pizza bisa juga untuk campuran pasta.

3. Kaya nutrisi

Nasturtium adalah tumbuhan kaya akan nutrisi, seperti tinggi vitamin A, C, potasium, dan zat besi. Meskipun penelitian baru dilakukan untuk pakan hewan, yaitu ayam, tetapi yang pasti bersifat aman jika dimakan. Berdasarkan penelitian, ayam yang makanannya dicampur dengan daun nasturtium, dapat menghasilkan kuning telur yang kaya nutrisi.

4. Melindungi tanah

Seperti halnya tanaman lainnya, nasturtium bisa ditanam untuk menyuburkan tanah. Tanaman ini dengan cepat membuat mulsa hidup yang padat untuk melindungi tanah. Mereka juga cepat tumbuh, toleran terhadap cahaya tak terik, serta berakar dangkal yang artinya tidak merusak pondasi rumah sekitar kelompok tanaman.

manfaat bunga nasturitum
Ilustrasi gambar bunga nasturitium yang edible dan bermanfaat (Freepik/1169)

5. Bisa untuk tanaman pelindung

Jika Anda menanam sayuran di halaman rumah, baiknya memberi tanaman pelindung. Salah satu tanaman pelindung yang baik, adalah nasturtium. Tanaman ini dapat menarik ular menjauh dari tanaman sayur, mengusir kutu daun, lalat putih, dan hama lain dengan aromanya.

6. Bunga nasturtium memiliki beragam warna

Kalau Anda ingin membuat suasana rumah ceria, maka tanaman nasturtium bisa jadi salah satu pilihannya. Untuk menghias halaman rumah, bisa memilih beragam warna tanaman ini. Di antaranya orangnye cerah, kuning, krem, merah, hingga persik pastel. Manfaatnya baik untuk ekosistem, seperti mengundang penyerbuk tanaman buah karena menyediakan nektar untuk kepik, tawon dan hoverflies.

7. Dapat sebagai pupuk

Pertumbuhan tanaman nasturtium sangatlah cepat. Sehingga dapat dipakai sebagai pupuk hijau. Caranya, cukup memotong dan meletakkan dedaunannya di tanah sehingga menambah nutrisi tanah dengan bahan organik. Daunnya juga bisa ditambahkan ke campuran kompos untuk memperkaya nitrogen dan mempercepat proses pengomposan.

Itulah ketujuh manfaat tanaman bunga nasturtium. Karena bersifat edible, Anda juga bisa berkreasi di dapur hanya dengan memetik daun atau bunganya dari kebun.