Manfaat Selada Air: Selain Meningkatkan Imunitas, Banyak Banget Kegunaannya Untuk Tubuh Kita
Manfaat Selada Air (Gambar Nebular Group - Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Selada air adalah tanaman berdaun hijau gelap yang tumbuh di mata air alami. Secara historis, orang telah menggunakan selada air sebagai hiasan. Namun, sekarang popularitasnya meningkat sebagai salah satu makanan super terbaru. Lalu, apa saja sih manfaat selada air itu?

Selada air adalah tanaman hijau kuno yang mungkin menjadi makanan pokok tentara Romawi. Itu juga anggota keluarga silangan, bersama kangkung, brokoli, arugula, dan kubis Brussel.

Popularitasnya yang baru ditemukan sebagian disebabkan oleh meningkatnya kesadaran akan kandungan nutrisinya yang padat.

Dalam artikel ini, akan menjelaskan manfaat selada air, memberikan rincian nutrisinya, dan mengklarifikasi potensi risiko kesehatannya bagi individu tertentu.

Pembahasan ini juga memberikan ide untuk membantu orang memasukkan lebih banyak selada air ke dalam makanan Anda.

Manfaat Selada Air

Gambar Olahan Selada Air (silviarita - Pixabay)
Gambar Olahan Selada Air (silviarita - Pixabay)

Meningkatkan Penglihatan

Selada air kaya akan lutein dan zeaxanthin; ini adalah karotenoid dengan sifat antioksidan. Menurut penelitian, kedua karotenoid ini merupakan komponen penting untuk kesehatan mata. Mereka merupakan pigmen utama yang ditemukan di titik kuning, yang melindungi makula dari kerusakan oleh cahaya biru, meningkatkan ketajaman visual, dan mengais spesies oksigen reaktif yang berbahaya. Selain itu, mereka membantu mengurangi risiko degenerasi makula terkait usia (AMD) dan katarak.

Lutein dan zeaxanthin juga menunjukkan khasiat yang membantu menurunkan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia dan katarak. Selain itu, kandungan vitamin C dalam selada air juga membantu mengurangi kemungkinan terkena katarak.

Meningkatkan Imunitas

Selada air mengandung vitamin C dalam jumlah yang sangat tinggi. Selada air mengandung hingga 15mg vitamin C per cangkir, sekitar 20% dari asupan harian yang direkomendasikan (RDI). Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin C adalah mikronutrien yang mendukung berbagai fungsi seluler dari sistem kekebalan tubuh. Selain itu, ini membantu penghalang kulit melawan patogen.

Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan dan membantu mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif oleh radikal bebas mengikat oksigen yang mengalir bebas di dalam tubuh dan mencegah sel-sel sehat mendapatkan oksigen segar. Antioksidan menghilangkan radikal bebas ini dan mencegah stres oksidatif.

Melindungi Terhadap Osteoporosis

Beberapa mineral penting yang diperlukan untuk kesehatan tulang adalah kalsium, potasium, magnesium, dan fosfor. Kalsium adalah blok bangunan untuk seluruh struktur kerangka. Namun, vitamin K dan potasium juga berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang.

Vitamin K adalah bagian dari protein yang disebut osteokalsin, yang menyusun jaringan tulang dan mengatur pergantian tulang. Menurut sebuah penelitian, orang dengan asupan vitamin K tertinggi 35% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami patah tulang pinggul dibandingkan orang dengan asupan vitamin K yang buruk.

Menurunkan Tingkat Kolesterol

Salah satu dari banyak manfaat selada air adalah membantu mengurangi kadar kolesterol. Memasukkan selada air dalam diet Anda dapat mengurangi kadar trigliserida secara signifikan. Kadar trigliserida yang tinggi bertanggung jawab atas peningkatan kolesterol.

Menurut penelitian, selada air juga mengurangi lipoprotein densitas rendah (LDL), yang merupakan kolesterol jahat dan meningkatkan lipoprotein densitas tinggi (HDL), kolesterol baik.

Menurunkan Tekanan Darah

Seperti sayuran berdaun lainnya, selada air mengandung nitrat makanan alami. Nitrit oksida adalah senyawa penting dalam mengatur fungsi pembuluh darah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi suplemen nitrat atau makanan padat nitrat memiliki tekanan darah rendah, menunjukkan bahwa nitrat dapat mengendalikan hipertensi secara positif.

Selada air juga kaya potasium yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan menyeimbangkan efek sodium. Ini juga melemaskan dinding pembuluh darah dan memungkinkan aliran darah mudah tanpa hambatan atau kram.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Selada air adalah salah satu makanan yang paling padat nutrisi. Ini memiliki manfaat untuk manajemen berat badan dan penurunan berat badan juga. Satu cangkir selada air memiliki kalori minimal tetapi penuh dengan nutrisi penting seperti vitamin dan mikronutrien. Sayuran rendah kalori sangat efektif untuk menurunkan berat badan, dan Anda harus menambahkannya ke dalam diet Anda. Selada air juga sangat serbaguna, sehingga mudah untuk memasukkannya ke dalam masakan biasa Anda.

Mempromosikan Kehamilan Sehat

Selada air kaya akan folat. Sesuai penelitian, Ini adalah nutrisi penting bagi wanita hamil. Folat memastikan perkembangan janin atau embrio yang sehat. Kekurangan folat dapat menyebabkan kelainan pada janin bahkan menimbulkan komplikasi bagi ibu. Memiliki diet kaya folat juga dapat mengurangi kemungkinan terkena anemia.

Nilai Gizi Selada Air

Seratus gram selada air mengandung:

Kalori: 11kKal

Lemak: 0,1g

Karbohidrat: 1g

Protein: 2.3g

Kalsium: 120mg

Kalium: 330mg

Magnesium: 21mg

Besi: 0,2 mg

Natrium: 41mg

Jadi setelah mengetahui manfaat selada air, simak berita menarik lainnya di VOI, saatnya merevolusi pemberitaan!