Tidak Hanya Telur, Ini 5 Makanan Tinggi Kandungan Protein yang Cocok Disantap Saat Diet
Ilustrasi Makanan Tinggi Protein (Ivan Samkov/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Makanan berprotein tinggi menjadi sumber vitamin penting bagi seseorang yang sedang melaksanakan program diet. Pada dasarnya, asupan protein yang terdapat pada makanan berperan penting dalam mengatur sel-sel dalam tubuh agar tetap terjaga dengan baik. Protein sendiri bisa didapatkan dari berbagai macam sumber makanan, seperti ikan, telur, dan susu.

Pada masa program diet, tidak hanya untuk menjaga sel-sel dalam tubuh guna membentuk antibodi, protein juga dibutuhkan untuk sumber energi cadangan agar manusia tetap dapat beraktivitas seharian menjalankan kewajibannya sehari-hari. Sama seperti karbohidrat, penting untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein setiap harinya.

Berfungsi mengurangi nafsu makan dan meningkatkan metabolisme, berikut ini VOI rekomendasikan deretan makanan tinggi protein selain ikan, telur, dan susu yang cocok untuk dikonsumsi selama melaksanakan program diet, melansir HerWorld, Senin, 13 Desember.

Brokoli

Kaya vitamin, serat, dan mineral, sayuran yang tinggi protein satu ini mempunyai manfaat untuk membantu melindungi tubuh dari pertumbuhan sel kanker. Disamping itu, brokoli kerap jadi sayuran utama dalam setiap hidangan diet vegetarian. Pasalnya, brokoli mempunyai karbohidrat untuk mempertahankan gula darah rendah dan mencegah rasa lapar yang berlebihan.

Bayam

Sering dijadikan bahan lauk sehari-hari, ternyata bayam memiliki protein tinggi serta berbagai macam vitamin baik yang bermanfaat untuk program diet Anda. Memenuhi 100 persen asupan harian vitamin K, bayam juga mengandung senyawa tanaman yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan pertahanan antioksidan.

Dapat dikonsumsi dengan beraneka cara, Anda bisa mengolah sayuran bayam dengan cara ditumis atau sebagai campuran salad.

Kembang kol

Dianggap ampuh mencegah penyakit kanker, kembang kol termasuk sayuran dengan protein tinggi yang cocok dijadikan makanan diet. Mudah ditemui di pasar dan mudah diolah menjadi berbagai macam makanan sehat, kembang kol termasuk jenis sayuran yang rendah kalori dan mengandung banyak air.

Bersifat antiradang sehingga mampu membantu melindungi tubuh dari hipertensi dan penyakit jantung, kembang kol dapat diolah menjadi pengganti beras karena mengandung karbohidrat yang setara seperti nasi. Cocok bagi Anda yang sedang dalam program diet keto, serat kembang kol berperan penting dalam pencegahan obesitas.

Selada air

Tahukah Anda? Sayuran yang mengandung protein tinggi seperti selada air telah menjadi makanan pokok tentara Romawi ribuan tahun lalu. Selada air mengandung cukup kalsium, magnesium, dan potasium untuk menjaga tekanan darah tinggi agar tetap normal.

Selain itu, selada air disebut-sebut sebagai antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Berdampak baik bagi kecantikan, rutin mengonsumsi selada air menjadi olahan salad akan mengurangi selulit dan kerutan pada kulit.

Almond

Sebenarnya, kacang almond merupakan biji-bijian. Tetapi orang sering mengelompokkannya dalam kategori kacang dengan protein tinggi. Selain tinggi protein, almond juga mengandung antioksidan. Senyawa baik dari kacang almond ini dapat melindungi tubuh dari stres oksidatif akibat radikal bebas yang dapat menyebabkan penuaan dini, penyakit jantung, dan beberapa jenis kanker mematikan.

Bisa dikonsumsi untuk program diet, makanan tinggi protein satu ini dapat dijadikan cemilan. Agar tidak bosan, padukan hidangan kacang almond dengan potongan buah sesuai selera.