Pilihan Menu Diet saat Puasa, Efektif untuk Menurunkan Berat Badan dan Menahan Lapar
Ilustrasi menu diet saat puasa (Freepik/Jcomp)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Puasa bisa menjadi momen yang tepat untuk menjalankan diet bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Menjalani puasa selama seharian bisa menjadi kebiasaan yang baik untuk menahan nafsu makan dan minum. Namun tetap harus diimbangi dengan menu diet saat puasa yang disantap ketika berbuka dan sahur. 

Seringkali setelah berpuasa seharian, biasanya banyak yang makan dengan rakus saat berbuka. Banyak yang kemudian ingin menyantap makanan sebanyak-banyaknya saat berbuka sebagai bentuk balas dendam setelah seharian menahan lapar. Jika Anda ingin menjalankan program diet di bulan puasa, maka kebiasaan ini harus dihindari. 

Anda perlu mengatur menu diet saat puasa dan menerapkannya secara konsisten. Agar tidak mudah lemas atau lapar saat puasa sambil menjalankan program diet, Anda perlu mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. 

Pilihan Menu Diet saat Puasa

Diet saat puasa tidak hanya mengurangi porsi makan, tapi juga memilih asupan gizi yang seimbang dan dibutuhkan oleh tubuh. Ada sejumlah menu diet saat puasa yang efektif menurunkan berat badan dan tetap menjaga tubuh dalam kondisi sehat. 

Teh dan Kurma

Menu diet yang cocok disantap saat buka puasa adalah teh dan kurma. Cukup dengan minum secangkir teh manis dan menelan tiga butir kurma maka energi tubh akan pulih kembali. Kurma dan teh manis mengandung gula yang dibutuhkan tubuh untuk mengisi kalori. 

Selain itu, buah kurma juga mengandung berbagai nutrisi yang bermanfaat baik untuk kesehatan. Nutrisi yang terdapat dalam kurma, di antaranya zat besi, magnesium, vitamin B6, potasium, hingga fiber. Buah kurma juga mudah mengenyangkan perut sehingga Anda mengurangi nafsu untuk makan banyak. 

Ikan Salmon

Menu diet bergizi lainnya untuk dikonsumsi saat bulan puasa adalah ikan salmon. Ikan salmon mengandung protein tinggi dan berbagai nutrisi lainnya yang membantu menjaga metabolisme tubuh. Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan salmon juga berfungsi mengurangi radang dan mencegah obesitas. Selain ikan salmon, beberapa jenis ikan yang cocok disantap saat buka puasa atau sahur, yaitu sarden, tenggiri, trout, herring. 

Kentang

Kentang juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menu diet saat puasa. Kentang mengandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, di antaranya kalium, vitamin B1, B6, B9, dan C. Anda bisa mengonsumsi kentang dengan cara direbus atau dikukus. Kentang juga rendah kalori sehingga cocok untuk Anda yang ingin menurunkan berat bada. 

Nasi Merah

Pilihan menu diet lainnya saat puasa adalah nasi merah. Nasi merah memiliki kandungan protein, serat, dan antioksidan yang lebih tinggi dibanding nasi putih. Nasi merah juga bermanfaat untuk melawan radikal bebas dan sejumlah masalah kesehatan lainnya. Selain itu, mengonsumsi nasi merah juga membuat Anda tidak mudah merasa lapar sehingga cocok bagi Anda yang menjalani diet. 

Oatmeal

Oatmeal juga menjadi menu yang cocok untuk diet di bulan puasa. Kandungan nutrisi yang terdapat dalam oatmeal sangatlah banyak, mulai dari protein, serat, fosfor, magnesium, vitamin B1. Dengan mengonsumsi oatmeal, energi Anda akan bertambah sehingga membuat Anda semakin kuat beraktivitas saat puasa. 

Sayuran Hijau

Sayuran tidak boleh dilewatkan sebagai menu diet saat bulan puasa. Sayuran hijau memiliki kandungan nutrisi yang sangat banyak, di antaranya mineral, vitamin, karbohidrat, antioksidan. Selain itu, sayuran hijau juga rendah kalori sehingga cocok bagi Anda yang sedang diet. Jenis sayuran yang disarankan untuk program diet, yaitu bayam, kangkung, lobak, sawi, dan sebagainya. 

Alpukat

Jangan lupa memasukan buah-buahan dalam menu diet saat puasa. Salah satu buah yang cocok untuk dikonsumsi saat diet adalah alpukat. Buah ini memiliki banyak kandungan nutrisi, di antaranya mineral, serat, kalium, dan lemak. Lemak yang terkandung dalam alpukat bisa membantu Anda kuat menahan nafsu makan atau tidak mudah lapar. Dengan begitu tubuh Anda bisa selalu bugar meski menjalani puasa. 

Demikianlah sejumlah menu diet saat puasa yang bisa Anda pilih. Supaya target menurunkan berat badan Anda bisa cepat tercapai, Anda perlu menerapkan menu diet tersebut secara konsisten. Ingat, diet saat puasa bukan soal mengurangi porsi makan tapi juga mengimbangi dengan asupan yang bergizi. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.