6 Tips Diet di Bulan Puasa yang Mudah Dipraktikkan
Ilustrasi diet (Foto: mojzagrebinfo/Pixabay)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Tak sedikit orang yang mengalami kenaikan berat badan saat berpuasa. Ini dapat terjadi karena kurang memperhatikan asupan makanan selama menjalankan ibadah puasa. Nah, bagi yang tidak ingin berat badannya naik, perhatikan tips diet di bulan puasa berikut ini.

Tips Diet di Bulan Puasa

Sedianya, prinsip diet di bulan puasa sama dengan diet yang dilakukan sehari-hari di luar bulan Ramadan.

Anda dapat menurunkan berat badan dengan mengonsumsi karbohidrat kompleks, lemak, dan protein yang tepat saat sahur dan berbuka puasa.

Dihimpun dari berbagai sumber, Minggu, 19 Maret 2023, berikut tips diet di bulan puasa yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah:

  1. Konsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka

Cara diet saat puasa yang pertama adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka.

Terkait hal ini, Anda bisa menyantap makanan yang berasal dari gandum utuh, kentang, oatmeal, atau nasi merah untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat selama berpuasa.

Selain itu, Anda juga perlu menyantap daging merah tanpa lemak, ikan salmon, minyak zaitun, dan alpukat untuk mencukupi kebutuhan lemak.

Konsumsi makanan tinggi protein, seperti telur, tahu, tempe, ikan, dan ayam juga penting saat diet di bulan puasa. Jenis makanan ini dapat membantu menekan nafsu makan. Dengan demikian, Anda tidak akan kalap dan makan berlebihan ketika berbuka puasa.

Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayuran hijau dan buah-buahan. Serat akan diserap dan dicerna oleh tubuh dalam waktu yang lebih lama.

  1. Jauhi makanan produk olahan dan junk food

Dua jenis makanan ini memang bisa memuaskan lidah, karena mengandung monosodium glutamate (MSG), pemanis buatan, sodium, dan lemak. Akan tetapi, makanan produk olahan dan junk food bisa membuat Anda mudah lapar lantaran sulit mengendalikan keinginan untuk makan makanan tersebut.

  1. Hindari konsumsi makanan dan minuman yang tinggi gula

Salah satu alasan mengapa berat badan susah turun saat berpuasa adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis saat berbuka.

Makanan dan minuman yang tinggi gula memang dapat mengembalikan energi yang hilang. Hanya saja, terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman manis dapat mengacaukan diet saat berpuasa yang sedang dilakukan.

Sebagai gantinya, Anda bisa menyantap kurma saat berbuka. Makanan ini merupakan sumber gula yang baik dan kaya nutrisi, seperti serat yang tinggi, mangan, dan kalium.

  1. Jauhi konsumsi makanan berminyak

Makanan berminyak mengandung lemak jenuh, sehingga dapat menyebabkan peningkatan berat badan dan memicu naiknya kadar kolesterol jahat (LDL).

Jika Anda ingin diet, sebaiknya hindari konsumsi gorengan saat berbuka puasa.

  1. Hindari makan berlebihaan saat berbuka

Banyak orang yang menjadikan momen berbuka puasa sebagai ajang “balas dendam” dengan makan secara berlebihan setelah menahan lapar dan haus cukup lama.

Padahal, porsi makan yang berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan dan peningkatan berat badan. Terlebih jika makanan yang Anda santap mengandung gula dan lemak jenuh.

Untuk menghindari kenaikan berat badan, tetaplah makan dalam porsi yang wajar agar program diet yang Anda jalankan tetap berjalan dengan lancar.

  1. Tetap berolahraga

Olahraga saat puasa dapat menjadikan tubuh tetap sehat dan membantu menurunkan berat badan.

Terkait hal ini, Anda bisa melakukan olahraga ringan pada pagi hari sebelum mulai beraktivitas. Pilih olahraga yang tidak membuat Anda cepat haus. Atau Anda bisa berolahraga pada malam hari setelah berbuka.

Demikian informasi tentang tips diet di bulan puasa. Baca terus VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.