Delapan Cara Mencegah Sembelit Saat Puasa Agar Perut Tetap Nyaman
Ilustrasi BAB (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu kendala yang kerap dirasakan oleh masyarakat yang melaksanakan puasa adalah sembelit. Gangguan pencernaan tersebut berdampak pada sulitnya buang air besar (BAB). Untuk menghindari hal tersebut, ketahui beberapa cara mencegah sembelit saat puasa agar perut tetap nyaman.

Sembelit adalah gangguan pencernaan yang disebabkan adanya penurunan aktivitas usus hingga sulit BAB. Gangguan ini bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, termasuk ketika puasa.

Cara Mencegah Sembelit Saat Puasa

Sembelit sebenarnya bisa diobati. Namun seperti kata pepatah, lebih baik mencegah daripada mengobati, Anda harus melakukan serangkaian pencegahan agar tak mengalami gangguan tersebut. Cara pencegahan sembelit yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  1. Rajin Makan Makanan Berserat

Makanan berserat sangat ampuh mencegah sembelit dan melancarkan BAB. Mengonsumsi makanan berserat baik saat sahur maupun berbuka akan sangat dianjurkan, khususnya untuk masyarakat yang berpuasa. Makanan berserat membantu melancarkan pencernaan, menyerap serta mengolah makanan. Serat juga membantu melunakkan feses agar lebih mudah dibuang dari tubuh. Contoh makanan berserat pencegah sembelit adalah buah dan sayuran.

  1. Cukupi Kebutuhan Cairan

Cairan tubuh akan banyak berkurang saat puasa. Cairan tubuh yang tak tercukupi berdampak pada sulitnya BAB. Oleh karena itu masyarakat harus minum air putih cukup. Cara minum air putih cukup saat puasa juga harus diperhatikan yakni dengan metode 2-4-2, yakni 2 gelas air putih di waktu berbuka, 4 gelas air putih saat malam hari, dan 2 gelas air putih saat sahur.

  1. Olahraga

Puasa tak menjadi halangan untuk rutin olahraga. Anda bisa mengatur olahraga secara tepat. Misalnya, sehabis sahur dengan olahraga ringan. Cara ini sangat ampuh mencegah sembelit. Beberapa olahraga yang cocok dilakukan ketika puasa seperti jalan kaki, senam yoga, atau sepeda santai.

  1. Konsumsi Makanan atau Minuman Berprobiotik

Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang bersifat baik untuk inangnya. Probiotik membantu mencegah sembelit saat puasa. Beberapa makanan atau minuman berprobiotik adalah yogurt, kefir, atau tempe. Anda bisa mengonsumsinya saat buka atau pada malam hari untuk membatu mencegah feses mengeras. Probiotik juga menyehatkan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

  1. Batasi Makanan Berlemak Tinggi

Anda boleh mengonsimsi makanan berlemak namun dengan jumlah yang terbatas, khususnya saat puasa. Bahkan sebagian orang benar-benar menghindari makanan berlemak tinggi untuk tujuan tertentu seperti diet. Makanan jenis ini akan sulit dicerna oleh tubuh dan membuat feses sulit terdorong.

  1. BAB Teratur

BAB teratur juga membantu mengurangi risiko sembelit. Agar BAB teratur Anda harus menerapkan pola hidup sehat, khususnya dari segi makanan dan minuman. Selain itu usahakan untuk tidak terlalu sering menahan BAB. Selain menyebabkan sembelit, menunda BAB juga membuat usus tidak sehat.

  1. Jaga Aktivitas

Sebagian orang memilih untuk mengurangi aktivitas fisik agar tidak mudah lapar atau kehabisan energi. Mereka kemudian banyak tidur di rumah. Hal itu tidak dianjurkan karena berpotensi menyebabkan sembelit.

  1. Kendalikan Stres

Stres ternyata tidak hanya menyerang kesehatan mental namun juga kesehatan tubuh, khususnya usus. Stres membuat usus melambat sehingga menyebabkan sembelit ketika puasa.

Itulah beberapa cara mencegah sembelit saat puasa. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.