Cara Meredakan Asam Lambung Tanpa Membatalkan Puasa, Pasti Kuat!
Cara meredakan asam lambung tanpa membatalkan puasa (Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Orang yang sedang berpuasa perlu mewaspadai masalah kesehatan asam lambung naik. Kondisi perut kosong saat menjalani puasa bisa memicu naiknya produksi asam lambung. Lantas bagaimana cara meredakan asam lambung tanpa membatalkan puasa?

Gangguan asam lambung saat bulan puasa memang sangat menyakitkan dan merepotkan. Seringkali penderita asam lambung dilema masih ingin melanjutkan puasa, namun kondisi sedang sakit. Tidak sedikit yang memilih membatalkan puasa demi bisa menyembuhkan asam lambung yang diderita. 

Naiknya asam lambung saat puasa bisa dialami oleh siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa. Ada tips untuk meredakan gejala asam lambung tanpa membatalkan puasa. Jadi Anda bisa mengatasi gangguan lambung dan tetap melanjutkan ibadah puasa sampai tuntas. 

Cara Meredakan Asam Lambung Tanpa Membatalkan Puasa

Cara mengatasi asam lambung saat puasa dipaparkan oleh dokter spesialis penyakit dalam RSUD Kota Tangerang dr Marcellinus Maharsidi, dilansir dari Antara. Tips ini penting untuk diketahui dan diterapkan oleh penderita asam lambung agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa secara aman.

Mengatur Posisi Tidur

Ketika merasakan gejala asam lambung saat puasa, Anda bisa mengatur posisi tidur untuk meredakannya. Anda bisa mengatasi asam lambung dengan cara berbaring dan memposisikan kepala sedikit lebih tinggi. Gunakan tumpukan bantal sebagai alas sandaran kepala. 

Gaya tidur lain yang bisa Anda terapkan yakni menghadap ke kiri. Posisi ini dapat membantu mencegah asam lambung naik ke kerongkongan. Supaya badan kondisi badan lebih nyaman, disarankan untuk melonggarkan pakaian atau mengenakan baju yang tidak sesak. 

Menu Buka Puasa yang Sehat

Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan penderita asam lambung saat puasa adalah pilihan menu berbuka. Pastikan mengonsumsi menu sehat untuk berbuka puasa, misalnya air putih dan buah-buahan seperti kurma, pisang, dan lainnya.

Hindari menyantap makanan yang menyimpan lemak tinggi, makanan pedas, gorengan, dan hidangan bersantan. Anda juga perlu memperhatikan cara makan. Apabila mengonsumsi makanan berat, kunyah secara perlahan. 

Hindari Minuman Alkohol dan Bersoda

Saat buka puasa, hindari mengonsumsi minuman beralkohol dan bersoda. Selain itu, tahan dulu untuk tidak minum kopi atau minuman berkafein lainnya. Kandungan dalam minuman-minuman tersebut bisa membuat kondisi asam lambung bertambah parah. Minuman paling aman dan menyehatkan bagi penderita asam lambung adalah air putih.

Memperhatikan Jeda antara Makan ke Tidur

Setelah selesai mengonsumsi hidangan buka puasa, penderita asam lambung juga harus memperhatikan waktu jeda setelah makan. Jaga pola makan dengan memberi jeda antara 2-3 jam dari sesudah makan ke waktu tidur. 

Risiko Asam Lambung Naik saat Puasa

Masalah asam lambung saat puasa disebabkan karena kondisi perut yang kosong dari pagi hingga sore. Sementara itu perut tetap memproduksi asam meski tidak mendapat asupan makanan. Asam lambung yang terus dihasilkan ini bisa naik ke kerongkongan. 

Gejala asam lambung biasanya bisa dirasakan oleh penderitanya sebelum bertambah parah. Umumnya kondisi refluks asam lambun ditandai dengan gejala-gejala berikut ini:

Rasa Perih dan Terbakar di Bagian Dada

Salah satu gejala umum penyakit asam lambung adalah rasa perih di bagian dada atau ulu hati. Penderita akan merasakan seperti sensasi terbakar di bagian dada atau yang dikenal dengan istilah heartburn.  

Nyeri di Bagian Perut 

Gejala lain yang umumnya dirasakan oleh penderita asam lambung adalah nyeri di bagian perut. Rasa nyeri di perut atau abdomen ini merupakan sinyal dari refluks asam lambung. Karena kerongkongan dan lambung tidak berfungsi dengan baik, asam lambung mengenai bagian esofagus. 

Ingin Mual dan Muntah

Naiknya asam lambung juga ditandai dengan rasa mual dan ingin muntah. Kondisi ini muncul karena asam lambung merusak lapisan pelindung di kerongkongan, sehingga memicu rasa mual dan muntah. 

Demikianlah cara meredakan asam lambung tanpa membatalkan puasa menurut ahli kesehatan. Supaya tetap kuat melanjutkan puasa saat tiba-tiba mengalami asam lambung, cobalah menerapkan sejumlah tips di atas. Baca juga efek minum kopi saat sahur dan buka.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI. Kami menghadirkan info terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.