Tips Aman Bagi Penderita Asam Lambung Agar Tetap Nyaman Puasa
Ilustrasi sahur (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi penderita asam lambung, puasa tetap bisa dilakukan dengan nyaman dan aman. Untuk melakukannya, disarannkan untuk mengetahui tips puasa yang aman bagi penderita asam lambung. Tips ini akan membantu penderita asam lambung membagi waktu antara makan dan puasa.

Tips Puasa yang Aman Bagi Penderita Asam Lambung

Seperti diketahui, selama puasa tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke lambung. Kondisi itu sebenarnya dapat memicu peningkatan asam lambung bahkan memicu GERD. Untuk menghindari hal tersebut, ada beberapa tips puasa untuk GERD yang bisa dilakukan yakni sebagai berikut.

  1. Jangan Tunda Makan saat Buka Puasa

Penderita asam lambung usahakan untuk tidak menunda makan setelah jam buka puasa tiba. Penundaan ini dikhawatirkan akan memicu asam lambung meningkat.

  1. Makan di Akhir Waktu Sahur

Sahur dilakukan sebelum waktu salat Subuh dilakukan. Disarankan untuk penderita asam lambung makan di waktu akhir sahur atau mepet dengan Imsyak. Sahur sangat penting dilakukan terutama bagi penderita maag.

  1. Makan Bertahap

Sangat tidak disarankan untuk makan secara kalap bagi penderita asam lambung saat buka puasa atau saat sahur. Anda bisa makan secara bertahap atau bisa dengan cara sedikit makan namun sering dilakukan.

  1. Hindari Makan Pemicu Asam Lambung

Penderita asam lambung harus benar-benar memperhatikan menu yang dimakan, baik saat sahur maupun buka puasa. Hindari makanan yang memicu asam lambung kumat seperti makanan pedas, asam, dan sebagainya.

  1. Hindari Minuman Pemicu Asam Lambung

Tidak hanya makanan, penderita asam lambung juga wajib memperhatikan minuman pemicu asam lambung naik seperti minuman soda, asam, atau kafein. Sebagai gantinya Anda bisa minum minuman hangat.

  1. Tidur dengan Posisi Kepala Lebih Tinggi dari Badan

Dikutip dari AI Care, tidur setelah sahur tidak dianjurkan oleh siapapun termasuk penderita asam lambung. Bahkan tidur setelah sahur dapat memicu GERD.

Namun jika ada kondisi yang mengharuskan untuk tidur, usahakan untuk berbaring dengan kepala lebih tinggi dibanding badan. Posisi ini akan membantu asam lambung naik sampai kerongkongan.

  1. Pilih Makanan dan Minuman yang Tepat

Dianjurkan bagi para penderita asam lambung untuk memperhatikan makanan yang aman bagi mereka seperti nasi dan oatmeal. Karbohidrat pada kedua makanan tersebut dapat mengurangi risiko gejala asam lambung.

Anda juga bisa makan daging rendah lemak misalnya dada ayam, ikan, dan buah seperti pisang, apel, dan pir. Sedangkan untuk minuman disarankan untuk minum air putih hangat.

  1. Kendalikan Stres dan Emosi

Stres dan emosi kadang kerap muncul saat puasa. Bagi penderita asam lambung dianjurkan untuk mengendalikan stres dan emosi. Keduanya akan berdampak pada produksi asam lambung hingga memicu rasa tidak nyaman bahkan GERD.

Itulah beberapa tips puasa yang aman bagi penderita asam lambung. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.