Menyambut Puasa, Ini 15 Ucapan Ramadan Sesuai Sunnah untuk Keluarga dan Kerabat
Ilustrasi (Khats Cassim/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sebentar lagi umat Islam akan menyambut bulan Suci Ramadan. Sebagai bulan paling istimewa, umat Muslim juga dianjurkan untuk menunjukkan ekspresi bahagia atas kehadiran bulan mulia ini. Ada banyak cara, salah satunya adalah dengan saling mengirimkan ucapan-ucapan selamat.

Dasar anjuran ini adalah salah satu hadits Nabi Muhammad saw yang menjelaskan bahwa setiap menjelang bulan Ramadan beliau akan memberikan ucapan selamat kepada para sahabat. Berikut redaksi haditsnya:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُبَشِّرُ أَصْحَابَهُ بِقُدُوْمِ رَمَضَانَ بِقَوْلِ قَدْ جَاءَكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ شَهْرٌ مُبَارَكٌ كُتِبَ عَلَيْكُمْ صِيَامُهُ تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ مَنْ حَرُمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حَرُمَ الخَيْرَ الكَثِيْرَ

Artinya, “Rasulullah memberikan kabar gembira atas kedatangan bulan Ramadan dengan sabdanya, ‘Bulan Ramadan telah mendatangi kalian, sebuah bulan penuh berkah di mana kalian diwajibkan berpuasa di dalamnya, sebuah bulan di mana pintu langit dibuka, pintu neraka Jahim ditutup, setan-setan diikat, dan sebuah bulan di mana di dalamnya terdapat malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan. Siapa saja yang luput dari kebaikannya, maka ia telah luput dari kebaikan yang banyak.” (HR Abu Hurairah)

  1. Marhaban ya Ramadan. Semoga kita yang menjalankan puasa di bulan ini meraih banyak berkah, rahmat, dan ampunan dari Allah swt.  
  2. Marhaban ya Ramadan. Semoga bulan suci ini menjadi momen persatuan bagi seluruh umat Muslim.  
  3. Marhaban ya Ramadan. Mari sambut istimewa ini dengan hati yang suci, niat yang mulia, dan amal-amal ibadah terus dijaga.
  4. Selamat menyambut bulan suci Ramadan 1433 H. Semoga kita semua dilancarkan rizkinya, didekatkan jodohnya, dan dimudahkan segala urusannya. 
  5. Ramadan telah tiba. Mari sambut bulan mulia dengan penuh gembira dan suka cita.
  6. Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadan. Mohon maaf lahir dan batin.
  7. Fajar Ramadan akan segera hadir menerangi dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Semoga amal kita diterima Allah Taala. Amin ya rabbal alamin.
  8. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salam setulus hati, selamat menunaikan ibadah puasa di bulan Ramadan, mohon maafkan lahir dan juga batin.
  9. Tiada bulan yang sesuci Ramadan. Sebelum menemuinya, izinkan ku ucapkan maaf atas segala kesalahan, maaf atas segala ucapan yang menyakitkan, maaf atas segala perbuatan yang melukai hati Mohon maaf dari hati yang terdalam, dan selamat menjalankan ibadah puasa.
  10. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadan 1433 H. Semoga puasa tahun ini menjadi momen untuk menjadi hamba yang lebih baik.
  11. Semoga bulan Ramadan ini kamu dijauhkan dari segala kesulitan dan dihujani kedamaian dan kemakmuran. Selamat berpuasa.
  12. Mari sambut bulan Ramadan dengan hati yang dipenuhi suka cita. Semoga berkah Allah melindungi dan senantiasa membimbing kamu.
  13. Semoga selama menjalankan ibadah puasa kita dijauhi dari segala ujian dan mendapatkan banyak berkah. Selamat menunaikan ibadah puasa.
  14. Ramadan Mubarak. Selamat menunaikan ibadah puasa dan ibadah-ibadah lainnya selama bulan suci. Mari memperbanyak amalan sunnah di bulan Ramadan.
  15. Selamat berpuasa, semoga Allah SWT memberikan kelancaran dalam menjalankan ibadah dan memberikan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Aamiin