Atasi Sembelit dengan Rajin Konsumsi Buah-buahan Ini
Ilustrasi buah untuk sembelit (Lisa Fotios/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Sembelit atau konstipasi merupakan penyumbatan usus karena menumpuknya kotoran. Kondisi ini membuat penderitanya mengalami susah buang air besar. Semua orang pasti pernah mengalami sembelit.

Mulai dari bayi hingga orang dewasa. Kurangnya konsumsi makanan yang mengandung serat menjadi penyebab utama terkena sembelit. Kekurangan cairan, jarang olahraga, stres, selesai operasi, hingga efek samping obat juga menjadi alasan lain sembelit. 

Saat sembelit, penderita akan merasakan kurang nyaman di bagian perut, seperti sakit, kembung, begah, dan mual. Untuk itu, sembelit harus segera diobati. Jika dibiarkan terlalu lama, kemungkinan besar tindakan operasi harus dilakukan untuk membersihkan kotoran dalam usus.

Nah, sebelum hal itu terjadi Anda bisa mencoba cara mudah mengobati sembelit yaitu dengan mengonsumsi buah-buahan tinggi serat. Apa saja? Mari simak ulasannya berikut ini.

Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan kandungan lemak baik yang dapat mengobati sembelit. Lemak baik telah teruji klinis dapat melumasi dan melancarkan kotoran yang tersumbat di saluran pencernaan, sekaligus mampu membersihkan usus.

Anda bisa mengolah alpukat menjadi jus tanpa tambahan gula dan susu, smoothies, atau dimakan langsung untuk menghilangkan sembelit.

Apel dan pir

Selain mencegah kanker, apel dan pir juga dapat Anda konsumsi untuk menghilangkan sembelit. Senyawa serat, sorbitol, serta fruktosa dijamin ampuh melancarkan pencernaan. Selain kaya akan serat, kandungan air dalam dua buah ini pun mampu meringankan beban pencernaan untuk mendorong keluar kotoran serta mencegah sembelit di kemudian hari. 

Anda disarankan untuk mengonsumsi apel dengan beserta kulitnya, sebab kandungan nutrisi serta vitamin paling banyak terdapat di kulit. Hanya saja, Anda perlu mengetahui dengan pasti cara membersihkan kulit apel dari lilin yang membungkus.

Kiwi

Selain mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh, kiwi pun juga buah yang baik untuk pencernaan. Dalam 100 gram kwi, terdapat dua hingga tiga gram serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan. 

Kiwi juga mengandung actinidine yang merupakan enzim untuk memperlancar saluran pencernaan bagian atas. Fitokimia dalam kiwi pun fungsinya sama untuk memperlancar BAB.

Anda bisa menjadikan kiwi sebagai makanan untuk sarapan atau cemilan saat teman nonton.

Anggur

Anggur merupakan buah untuk sembelit karena kaya akan serat dan mengandung banyak air. Jika Anda tidak sempat membeli apel atau merasa ribet untuk mencuci apel, Anda bisa memilih anggur. 

Jeruk

Sembelit juga dapat diatasi dengan rajin konsumsi jeruk. Semua jenis jeruk dapat menghilangkan sembelit. Kandungan vitamin C, senyawa naringenin, serta asam sitrat dalam jeruk mampu memperlancar pencernaan sehingga sembelit dapat segera terobati. Jika Anda memiliki GERD, batasi konsumsi jeruk agar tidak memicu kenaikan asam lambung.