Selain Skincare, Rajin Konsumsi Buah-buahan Juga Bisa Bikin Kulit <i>Glowing</i>
Ilustrasi (Anna Shvets/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Buah-buahan dikemas dengan banyak kandungan bermanfaat seperti, vitamin esensial, mineral, antioksidan, dan nutrisi lain. Bahan-bahan ini dapat membantu menyehatkan dan meremajakan kulit Anda. Lantas, bagaimana caranya? Melansir Times of India, Jumat, 17 Maret, berikut penjelasannya.

Memberikan nutrisi penting

Buah-buahan seperti jeruk, pepaya, dan kiwi kaya akan vitamin C, yang penting untuk sintesis kolagen. Kolagen adalah protein yang menyediakan struktur dan elastisitas pada kulit Anda dan vitamin C membantu mempertahankan dan memperbaikinya.

Lawan radikal bebas

Buah -buahan seperti buah beri, anggur, dan delima mengandung antioksidan yang dapat membantu menetralkan radikal bebas di tubuh Anda. Radikal bebas adalah molekul yang tidak stabil yang dapat merusak sel dan berkontribusi pada penuaan dini dan masalah kulit lainnya.

Menghidrasi kulit

Buah-buahan seperti semangka, mentimun, dan stroberi tinggi akan kadar air. Sehingga dapat membantu melembabkan kulit Anda dan membuatnya lebih segar dan tampak muda. Jika ingin kulit wajah lebih segar, perbanyak konsumsi buah-buahan tinggi kadar air.

Bantu tingkatkan tekstur kulit

Buah-buahan seperti pepaya dan nanas selain dapat membantu melancarkan pencernaan, buahan-buahan ini juga mengandung enzim yang dapat mengelupas sel-sel kulit mati, membuka pori -pori, dan meningkatkan tekstur kulit. 

Mengurangi peradangan

Jenis buah-buahan beri seperti ceri dan blueberry mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit. Jika kulit Anda berjerawat, rutin konsumsi buah-buahan beri bisa bantu kurangi bekas jerawat.

Jadi, jika Anda menggabungkan konsumsi berbagai buah dalam pola makan sehari-hari. Anda dapat memberi tubuh nutrisi yang diperlukan untuk mempertahankan kulit yang sehat dan bersinar.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan menggunakan buah-buahan untuk mendapatkan kulit glowing.

Makan berbagai buah

Gabungkan berbagai buah dalam konsumsi harian Anda. Buah-buahan seperti pepaya, buah beri, jeruk, kiwi, jambu biji, dan semangka kaya akan vitamin dan antioksidan yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit.

Gunakan buah-buahan untuk masker wajah

Campur buah yang mudah dihaluskan seperti pisang, alpukat, atau stroberi dengan madu, yogurt, atau oatmeal untuk membuat masker wajah bergizi. Oleskan masker di wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit sebelum membilasnya dengan air hangat.

Buat infuse water dari buah

Buat infuse water dengan buah-buahan seperti lemon, mentimun, dan mint agar kulit Anda tetap terhidrasi dan sehat. Minum air yang cukup dapat membantu menghilangkan racun dari tubuh Anda, yang juga dapat menyebabkan kulit yang tampak lebih sehat.

Aplikasikan jus buah pada kulit

Selain diminum, Anda juga dapat mengoleskan jus buah segar ke kulit. Misalnya, oleskan jus jeruk segar ke wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum membilasnya dengan air dingin. Vitamin C dalam jeruk dapat membantu mencerahkan kulit dan mengurangi penampilan noda hitam.

Ingat, menjaga kulit sehat bukan hanya tentang jenis skincare yang diaplikasikan pada kulit, tetapi juga apa yang Anda masukkan ke dalam tubuh. Jadi, pastikan konsumsi makanan seimbang, minum banyak air, cukup istirahat, dan berolahraga untuk mencapai kulit glowing maksimal.