Rutinitas Skincare Pagi-Malam untuk Menghindari Penuaan Wajah
Ilustrasi (Ron Lach/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Memasuki musim pancaroba selain kesehatan fisik, kesehatan kulit pun harus dijaga dengan baik. Udara yang kerap berganti tentu saja membawa pengaruh pada kondisi kulit. Kulit Anda bisa memerah, kering, dan dehidrasi. Situasi seperti ini tidak menutup kemungkinan kulit mengalami penuaan dini jika tidak segera diatasi.

Agar kulit benar-benar sehat dan bercahaya, Anda perlu mengikuti rutinitas skincare pagi-malam yang tepat. Melansir Times of India, Kamis, 23 Februari, berikut tips perawatan kulit yang bisa Anda coba jalani secara rutin di rumah.

Rutinitas pagi hari

Mulailah dengan mencuci muka

Udara pagi yang dingin dan kering cenderung menghilangkan minyak alami di kulit wajah. Itu sebabnya setelah bangun, segeralah membersihkan wajah Anda dengan sabun pembersih wajah lembut yang tidak menghilangkan minyak alami wajah. Anda juga dapat menggunakan Pembersih Wajah yang cruelty free, 100 persen bersih, vegan, dan terbukti secara klinis meningkatkan kecerahan kulit, memperbaiki bintik hitam, dan meningkatkan keseimbangan pH kulit. Untuk memastikan kulit Anda tidak gatal, kencang, atau bersisik, sebaiknya gunakan air hangat daripada air panas.

Gunakan toner

Toner bermanfaat karena menghilangkan sisa-sisa kotoran, atau kotoran lain yang masih menempel di pori-pori Anda bahkan saat Anda sudah membersihkan wajah. Selain mengangkat kotoran, toner juga membantu mengencangkan pori-pori Anda setelah digunakan secara teratur Gunakan toner wajah bersih yang membantu mengecilkan pori-pori yang terlihat, meningkatkan kecerahan, menghambat pigmentasi, dan memberikan sifat antioksidan pada kulit.

Gunakan moisturizer

Pelembab memiliki sifat antioksidan bagi kulit. Menggunakan pelembab mampu mengurangi kerutan, menghidrasi kulit, meningkatkan kekencangan dan elastisitas kulit dengan meminimalkan kerutan dan kerusakan sel kulit wajah.

Menggunakan tabir surya

Tabir surya tidak hanya penting diaplikasikan saat musim panas, tapi juga di musim hujan.  Tak peduli musim apapun itu, sinar UV matahari yang berbahaya masih dapat menembus dan merusak kulit Anda. Inilah mengapa penting adanya selalu melapisi kulit dengan tabir surya minimal SPF 30. Oleskan tabir surya setidaknya 15 menit sebelum keluar rumah. Reapply sunscreen kembali setiap 2-3 jam.

Rutinitas malam hari

Krim anti-aging

Salah satu bagian terpenting menjaga kulit di malam hari adalah mengoleskan krim anti aging. Produk ini berfungsi memperlambat tanda-tanda penuaan di kulit. Selain itu, krim anti-aging membantu melembabkan kulit dan memastikan kulit jauh lebih mudah menerima produk perawatan kulit di malam hari.

Gunakan eye cream

Ada kemungkinan besar saat Anda sibuk merawat kulit, Anda mungkin benar-benar lupa memperhatikan kulit halus di sekitar mata. Mengaplikasikan krim mata yang tepat ke rutinitas perawatan kulit malam Anda secara klinis terbukti mengurangi lingkaran hitam secara nyata, dan kaya akan antioksidan dan flavonoid untuk mengurangi pigmentasi, bengkak, kantung mata, garis halus dan kerutan.

Gunakan masker wajah

Lakukan eksfoliasi dengan scrub lembut untuk mengangkat sel kulit mati dan oleskan masker wajah untuk nutrisi mendalam sekali atau dua kali seminggu. Menggunakan masker wajah sangat baik menjaga kulit tetap terhidrasi dan ternutrisi. Gunakan masker wajah yang membantu Anda mendapatkan kulit bercahaya dengan membersihkan dan mencerahkan warna kulit, mendukung pengurangan bintik penuaan yang terlihat, dan mengurangi pigmentasi.

Terkait