Mengenal Retinol, Kandungan Skincare Populer yang Bisa Bantu Samarkan Bekas Jerawat
Ilustrasi (Radiance Beauva/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Retinol adalah turunan vitamin A yang memiliki banyak manfaat dalam perawatan kulit. Bahan ini digunakan untuk mengobati jerawat dan memiliki efek anti-penuaan. Digunakan dengan cara dioles di atas kulit, retinol tersedia dalam berbagai bentuk seperti krim, jel, losion, salep, dan serum.

Retinol bekerja dengan cara meningkatkan produksi sel kulit atau proliferasi dengan membantu membuka pori-pori. Retinol juga bertindak sebagai eksfoliator dan meningkatkan produksi kolagen yang dapat mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan. Sehingga membuat kulit Anda tampak lebih segar dan montok.

Hasil penggunaan retinol bisa Anda lihat setelah beberapa minggu atau setidaknya 2 hingga 3 bulan dari masa penggunaan. Faktanya, kondisi kulit Anda mungkin terlihat lebih buruk pada awal pemakaian karena kulit sedang menyesuaikan diri dengan rejimen baru.

Melansir Cleveland Clinic, Jumat, 10 Februari, berikut manfaat retinol untuk beberapa masalah kulit.

Retinol untuk bekas jerawat

Setelah jerawat sembuh, biasanya noda bekas jerawat pada wajah akan muncul selama berminggu-minggu. Jika Anda memiliki kebiasaan memencet jerawat, besar kemungkinan akan meninggalkan bekas luka permanen. Perawatan wajah menggunakan retinol dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat jerawat. Serta, membantu mencegah jerawat tumbuh lebih banyak di wajah. 

Retinol untuk noda hitam

Noda hitam (hiperpigmentasi) berkembang akibat paparan sinar matahari pada kulit. Jika Anda memiliki noda berwarna coklat terang hingga gelap di wajah, tangan, leher, atau lengan, itu merupakan penumpukan melanin yang memberi warna (pigmen) pada kulit. Meski tidak berbahaya namun kemunculannya tentu mengganggu. Penggunaan retinol dapat mencerahkan noda hitam di kulit, meski membutuhkan waktu berbulan-bulan.

Retinol untuk pori-pori besar

Saat pori-pori tersumbat karena sel kulit mati atau minyak, pori-pori menjadi lebih besar dan lebih terlihat. Retinol merawat pori-pori besar dengan meningkatkan pergantian sel kulit yang membuat kulit Anda lebih tebal dan mencegah perkembangan pori-pori yang tersumbat.

Retinol untuk keriput wajah

Sejumlah faktor dapat menyebabkan kerutan pada kulit Anda. Seiring bertambahnya usia, sel-sel kulit membelah lebih lambat. Lapisan tengah (dermis) kulit Anda mulai menipis, sehingga lebih sulit mempertahankan kelembapan. Selain itu, kulit memiliki lebih sedikit elastin dan kolagen. Retinol dapat memperbaiki munculnya garis-garis halus dan kerutan dengan memperlambat penguraian kolagen dan membuat kulit lebih elastis.

Untuk penggunaan retinol, ikuti instruksi berikut ini:

  • Bersihkan kulit Anda dengan pembersih yang lembut dan keringkan. Jangan menggosok kulit Anda saat menggunakan produk retinol.
  • Oleskan retinol dalam lapisan tipis ke seluruh wajah Anda (hati-hati jangan sampai masuk ke mulut, hidung, dan mata Anda). Gunakan hanya satu tetes untuk seluruh wajah. Selama beberapa minggu pertama pemakaian, gunakan retinol dua hari sekali saja.
  • Akhiri dengan pelembab wajah yang tidak menyumbat pori-pori (non-comedogenic).