Mengenal Bakuchiol, Kandungan Serupa Retinol pada Produk Kecantikan
Ilustrasi (Christin Hume - Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Retinol merupakan salah satu kandungan dalam skincare yang terkenal bisa mengatasi berbagai masalah kulit. Mulai dari tekstur kulit kasar, warna kulit tak merata, flek hitam, dan jerawat. 

Meski terkenal ampuh membuat kulit kinclong, retinol tidak cocok untuk semua orang karena bahannya dinilai cukup keras. 

Beberapa efek samping yang bisa terjadi bila tak cocok dengan retinol antara lain kulit kemerahan, muncul sensasi panas seperti terbakar, gatal, bengkak, kulit mengelupas, iritasi, bahkan warna kulit berubah. 

Tertarik dengan manfaat retinol tapi masih ragu mencoba karena takut tidak cocok? Solusinya adalah menggunakan produk perawatan wajah dengan kandungan bakuchiol. 

Bakuchiol merupakan senyawa antioksidan alami yang ditemukan pada biji psoralea corylifolia. Tanaman yang terdapat di wilayah Asia Timur ini sejak lama digunakan dalam pengobatan ayurvedic. 

"Bakuchiol telah terbukti memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, serta sifat antibakteri," kata Sejal Shah, dokter kulit bersertifikat di New York City. 

Sejal Shah lebih lanjut mengatakan bahwa bakuchiol berfungsi mirip dengan retinol, yaitu dapat meningkatkan pergantian sel sehingga merangsang produksi kolagen dan mengurangi tanda-tanda penuaan. 

Bakuchiol dapat membantu mengurangi garis halus dan kerutan, meratakan warna kulit, memperbaiki tekstur kulit, meningkatkan elastisitas kulit, dan mengencangkan kulit. 

BACA JUGA:


Meski fungsinya hampir mirip, tetapi kandungan bakuchiol ini lebih ringan dan bisa digunakan untuk pemilik kulit sensitif, bahkan ibu hamil sekalipun. Ini karena bakuchiol memang bukan turunan vitamin A sehingga tak memberikan efek mengiritasi seberat retinol. 

Penggunaan bakuchiol pun tak memperbesar kelenjar minyak dan bisa memberikan efek pori-pori mengecil karena kulit tak terlalu berminyak. Kandungan alami ini juga terkenal mengatasi masalah kulit seperti eczema, psoriasis, dan dermatitis.

Selain itu, bakuchiol pun tidak sensitif terhadap sinar matahari sehingga aman digunakan pagi maupun malam hari. 

Bagaimana cara menggunakan kandungan bakuchiol untuk kulit? Tentunya Anda tak perlu repot membuat ramuan dari tanaman aslinya sebab saat ini sudah cukup banyak produsen perawatan wajah yang memiliki produk dengan bahan utama bakuchiol. 

Tak perlu susah-susah pula mendapatkannya, karena ada beberapa merek skincare lokal yang punya produk berbahan bakuchiol. Di antaranya adalah Bhumi Bakuchiol Night Oil, Bloomka Bakuchiol + Almond Anti-aging Facial Oil, True To Skin Bakuchiol Anti-Aging Serum, dan Somethinc Bakuchiol Skinpair Oil Serum.