Bagikan:

JAKARTA - Anda mungkin sudah tidak asing dengan kandungan yang satu ini. Bakuchiol merupakan salah satu kandungan skincare yang cukup digemari karena memiliki banyak manfaat untuk kulit.

Bakuchiol adalah kandungan skincare yang terbuat dari ekstrak daun dan biji tanaman babchi (Psoralea Corylifolia). Sebelum populer seperti sekarang ini, bakuchiol biasanya digunakan untuk pengobatan tradisional India dan Cina. 

Bakuchiol juga digemari lantaran memiliki sifat-sifat yang menyerupai retinol, terutama dalam melawan tanda-tanda penuaan. Berikut adalah beberapa manfaat bakuchiol untuk kesehatan kulit dilansir dari Mind Body and Green, Selasa, 12 September.

1. Meningkatkan pergantian sel

Mirip dengan retinol, bakuchiol berfungsi merangsang pergantian sel. Dengan kata lain, penggunaan bakuchiol mampu membantu melepaskan sel-sel kulit mati dan rusak dengan lebih cepat serta menghilangkan kulit kusam sejak awal. Mekanismenya tidak sama dengan pengelupasan kulit, tetapi dapat diartikan sebagai cara memulihkan kulit kusam.

2. Memperbaiki kulit rusak akibat sinar matahari

Sebuah studi yang dilakukan secara acak pada 2019 tentang manfaat bakuchiol vs retinol menunjukkan bahwa bakuchiol sebanding dengan retinol dalam kemampuannya memperbaiki fotoaging. Selain itu, bakuchiol juga lebih dapat ditoleransi penggunaannya oleh pemilik kulit sensitif dibandingkan retinol. Dimana kulit lebih sedikit mengalami pengelupasan dan kering.

3. Meratakan warna kulit

Tiffany Libby, M.D., FAAD, seorang dermatologis mengatakan bahwa bakuchiol juga dapat membantu meratakan warna dan tekstur kulit. Bagi Anda yang mengalami hiperpigmentasi akibat sinar matahari, jerawat sebelumnya, atau perubahan hormonal seperti melasma, ini adalah manfaat yang perlu diperhatikan.

4. Merangsang produksi kolagen

Dalam studi tahun 2014, bakuchiol terbukti merangsang produksi kolagen, manfaat lain yang mirip retinol. Lebih khusus lagi, tumbuhan ini meningkatkan kolagen tipe I, III, dan IV. Hal ini paling signifikan terjadi pada kolagen tipe III, karena kolagen tersebut menurun seiring bertambahnya usia dan berkontribusi besar terhadap elastisitas kulit secara keseluruhan.

5. Mengurangi garis halus dan kerutan

Bakuchiol juga memiliki kekuatan meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan, kata Libby. Hal ini terjadi karena peningkatan serta pergantian sel dan stimulasi kolagen, menurut penelitian.

6. Dapat membantu mengobati jerawat

Terlebih lagi, bakuchiol juga memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu melawan jerawat. Namun bakuchiol belum tentu dapat menghilangkan jerawat yang disebabkan oleh genetika, ketidakseimbangan hormon, pola makan, dan sejenisnya. Tetap saja, ini merupakan kandungan skincare tambahan yang bagus dalam upaya penyembuhan jerawat.

Meskipun bakuchiol dapat membantu meredakan jerawat, sayangnya bakuchiol belum dapat dibandingkan secara langsung dengan retinoid, bentuk retinol yang lebih kuat untuk mengobati jerawat.

Itulah enam manfaat bakuchiol. Perlu diingat, bakuchiol tidak boleh digabung dengan AHA-BHA atau benzoil peroksida sebab dapat meningkatkan risiko iritasi kulit. Selain itu, pemilik kulit sensitif sebaiknya berhati-hati menggunakan bakuchiol yang dicampur dengan retinol.