Bahan Aktif dalam Skincare yang Ampuh Berantas Flek Hitam dan Bekas Jerawat
Ilustrasi (Ennecta Canabis Extracts/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bekas jerawat yang memerah dan menghitam sangat sulit dihilangkan. Selain itu, perlu waktu lama untuk permasalahan kulit tersebut bisa hilang sempurna. Kondisi ini menjadi salah satu hal yang mampu mengurangi kepercayaan diri seseorang. Namun jangan khawatir, ada beberapa kandungan aktif di dalam skincare yang mampu membantu mengatasi noda-noda hitam dan bekas jerawat membandel di wajah Anda. Melansir HighEnd dan Sublime Life, Kamis, 20 Oktober.

Retinol

Retinol merupakan salah satu kandungan aktif pada skincare yang sangat digandrungi. Bahan aktif yang berasal dari vitamin A ini tidak hanya mampu membantu memudarkan bekas jerawat dan noda hitam membandel, namun juga mampu membantu mengatasi masalah penuaan dini serta kerutan pada wajah. Retinol juga sangat cocok untuk Anda yang memiliki jenis kulit berminyak sebab retinol mampu membantu menyeimbangkan tingkat hidrasi kulit.

Vitamin C

Tidak hanya untuk tubuh, vitamin C memiliki banyak manfaat yang baik untuk kulit. Selain menghilangkan noda hitam bekas jerawat, vitamin C dapat membuat kulit wajah Anda tampak lebih cerah dan sehat. Selain itu vitamin C juga mengandung antioksidan yang tinggi sehingga mampu melindungi kulit dari paparan radikal bebas.

Niacinamide

Selain retinol, niacinamide juga menjadi salah satu kandungan aktif dalam skincare yang belakangan sangat populer dan digandrungi oleh kaum hawa. Kandungan turunan dari vitamin B3 ini mampu membantu melembabkan kulit dan, menghilangkan noda bekas jerawat dan memperkuat skin barrier, mencerahkan serta mengontrol sebum pada wajah.

Alpha Arbutin

Zat turunan dari hydroquinon ini tidak hanya mampu mengatasi noda hitam membandel bekas jerawat namun juga mampu membantu mengatasi hiperpigmentasi hingga mencerahkan kulit.

Ceramide

Anda pasti sudah tidak asing dengan kandungan yang satu ini. Selain terkenal dengan manfaatnya untuk memperbaiki skin barrier, kandungan aktif skincare yang satu ini mampu mengunci kelembapan pada kulit wajah serta membantu mencerahkan dan menghilangkan noda bekas jerawat.

Asam salisilat

Salicylic Acid adalah jenis BHA yang digunakan untuk mengobati jerawat. Kandungan ini bekerja secara efektif untuk semua jenis bekas jerawat karena membersihkan pori-pori

dan mengurangi bengkak dan kemerahan. Asam salisilat mengelupas kulit dengan lembut untuk menghilangkan sel-sel kulit mati serta ragam kotoran yang menumpuk dan menyumbat pori-pori.

Asam laktat

Asam super ringan dan lembut untuk kulit ini biasanya ditemukan dalam produk pelembab. Kandungan asam laktat mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan tekstur dan kehalusan kulit. Asam laktat dapat digunakan untuk semua jenis kulit.

Rosehip

Selain berfungsi sebagai anti-penuaan, rosehip juga membantu mengurangi kemerahan, peradangan, dan bekas jerawat. Karena kandungan Asam Linoleatnya yang tinggi dan bentuk bioaktif Vitamin A (Asam Retinoat) yang membantu meningkatkan kolagen dan produksi elastin. Rosehip juga membantu mempercepat regenerasi sel sehingga meminimalkan munculnya ragam jenis bekas luka, termasuk yang diakibatkan oleh hiperpigmentasi.