Penyebab Jerawat di Dagu dan Cara Mengatasinya, Kecil tapi Menganggu!
Ilustrasi penyebab jerawat di dagu (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jerawat yang muncul di wajah cukup menganggu kenyamanan hingga penampilan. Salah satu nya adalah jerawat yang muncul di dagu. Penyebab jerawat di dagu sama seperti jerawat di area lainnya. 

Jerawat di dagu menjadi masalah wajah yang sering dikelukan oleh banyak orang. Jerawat muncul karena adanya sel kulit mati, bakteri, atau minyak yang menyumbat pori-pori kulit atau folikel rambut. Jerawat didagu bisa dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita dan remaja maupun orang dewasa.

Ada beragam penyebab jerawat di dagu, mulai kotornya kulit wajah, stres, siklus bulanan wanita, hingga fluktuasi hormon atau masa pubertas pada remaja. Namun jerawat di dagu juga bisa dipicu oleh faktor yang lain. 

Penyebab Jerawat di Dagu

Jerawat di dagu bisa sembuh atau hilang dengan sendirinya jika tergolong kasus yang ringan. Namun apabila kehadiran jerawat berlangsung lama dan tak kunjung sembuh, anda perlu melakukan konsultasi dan perawatan dengan dokter kulit. 

Meski bisa sembuh, anda tetap perlu tahu apa saja penyebab jerawat di dagu. Dengan mengetahui penyebabnya, anda bisa menghindari masalah jerawat wajah tersebut. 

Kulit Wajah dalam Kondisi Kotor

Kulit wajah yang kotor menjadi penyebab paling umum dari jerawat di dagu. Jerawat mudah muncul pada kulit yang tidak terawat seperti pori-pori tersumbat minyak, adanya sisa kotoran yang menempel di wajah. 

Jerawat bisa muncul di dagu karena kulit dagu anda tidak terjaga kebersihannya. Jadi anda perlu melakukan perawatan wajah dengan sering membasuh muka dengan air atau memakai skincare.

Perubahan Hormon

Jerawat di dagu juga dapat muncul akibat perubahan hormon. Jerawat di wajah dapat muncul ketika seseorang mengalami peningkatan hormon androgen, misalnya disaat masa pubertas atau menstruasi yang terjadi pada perempuan.

Meningkatnya hormon androgen membuat kelenjar minyak memproduksi minyak berlebih. Pori-pori wajah di area dagu, hidung, dan dahi jadi tersumbat sehingga menimbulkan jerawat.

Stres Berlebihan

Jerawat di dagu bisa muncul bukan hanya karena faktor kesehatan dan kebersihan kulit. Namun jerawat juga bisa terjadi karena masalah pilkiran, yakni stres yang berlebihan. Sebuah penelitian menunjukkan stres juga bisa memperparah kondisi jerawat yang sudah ada. 

Gangguan Fungsi Ginjal

Belum banyak yang tahu jika jerawat bisa muncul karena gangguan fungsi ginjal. Ketika jerawat di dagu sering hilang dan muncul dalam waktu lama, maka bisa menjadi penanda penyakit serius. 

Fungsi organ ginjal yang mengalami gangguan bisa disebabkan karena dehidrasi. Saat cairan dalam tubuh minim atau kurang, ginjal jadi terganggu dan dampaknya bisa memicu jerawat di dagu.

Pola Makan Tidak Sehat

Penyebab jerawat di dagu yang lainnya adalah pola makan yang tidak sehat. Pola makan bisa mempengaruhi kesehatan wajah. Jerawat bisa muncul karena terlalu banyak konsumsi makanan manis dan produk susu. 

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi jerawat di dagu. Anda bisa melakukan penanganan yang alami maupun menggunakan bantuan obat. 

Menjaga Kebersihan Wajah

Setiap orang perlu menjaga kebersihan wajah, baik itu perempuan maupun laki-laki. Ketika wajah anda bersih, maka kemungkinan muncul jerawat sangatlah kecil. Cara menjaga kebersihan jerawat sangat mudah, anda hanya perlu mencuci muka secara rutin. Jangan lupa untuk mencuci muka menggunakan pembersih wajah. 

Selain wajah, jaga juga kebersihan tangan anda. Jerawat di wajah bisa muncul karena tangan kotor kerap menyentuh kulit wajah.

Jangan Memencet Jerawat

Banyak orang ingin segera memecahkan jerawatnya dengan cara memencet. Pikirnya jerawat yang dipencet akan hilang dan tidak mengganggu penampilan wajah, Padahalnya jerawat yang dipencet justru menyebabkan jerawat terinfeksi, lebih lama kempes, hingga menimbulkan bekas jerawat. 

Jadi biarkan jerawat anda muncul dan tetap jaga kebersihan wajah anda. Tahan diri anda untuk tidak memencet atau sering menyentuhnya. 

Kompres Jerawat

Jerawat menimbulkan rasa sakit bila tersenggol atau area sekitarnya tersentuh. Anda bisa mengompres jerawat di dagu untuk mengurangi peradangan atau rasa nyeri pada jerawat. Cara mengompresnya yakni dengan air dingin. Cukup menggunakan es batu yang dibalut dengan kain lembut dan bersih selama 5 menit. 

Menggunakan Obat Jerawat

Anda juga bisa menyembuhkan jerawat di dagu menggunakan obat jerawat. Obat jerawat yang berupa krim dioleskan pada jerawat anda secara lembut. Krim obat jerawat mengandung benzoil peroksida atau retinoid. Sebelum menggunakan obat jerawat, anda perlu konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. 

Itulah beberapa penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya. Seperti kata pepatah, “lebih baik mencegah daripada mengobati.” Jadi jagalah kebersihan wajah anda dan pola hidup anda sebelum jerawat di dagu menganggu anda.

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.