Jerawat di Telinga Menimbulkan Rasa Nyeri? Begini Cara Mengatasinya
Jerawat telinga (Joseph Mucira-Pixabay)

Bagikan:

Di mana pun keberadaannya, kemunculan jerawat seringkali bikin sebal. Selain menganggu penampilan, jerawat juga umumnya menimbulkan rasa nyeri yang tak nyaman. Kulit yang berjerawat biasanya memerah, bengkak, dan akan menyakitkan bila tak sengaja di sentuh.

Jerawat di wajah mungkin sudah lebih umum, tapi pernahkah Anda menemukannya di telinga? Kemunculan jerawat di telinga bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya rambut kotor, menggunakan helm yang menyerap debu dan keringat, sarung bantal kotor, atau penggunaan earphone yang jarang dibersihkan. 

Bila Anda memiliki masalah jerawat di telinga, berikut cara mengatasinya: 

Kompres air hangat

Untuk mengurangi rasa nyeri akibat munculnya jerawat di telinga, Anda bisa mengompres dengan air hangat. Cobalah membersihkan area telinga terlebih dahulu, kemudian pakai alkohol untuk menghilangkan bakteri.

Lalu, celupkan handuk kecil pada wadah berisi air hangat, peras, dan tempelkan di telinga beberapa saat. Namun, ingatlah untuk melakukannya dengan lembut dan tak memencet jerawat karena berisiko meradang. 

Tea tree oil 

Kalau Anda tidak berani pakai obat-obatan, bisa coba mengatasi jerawat di telinga dengan tea tree oil alias minyak esensial pohon teh. Termasuk skincare dari bahan alami, tea tree oil ini juga ampuh untuk meredakan masalah jerawat karena punya sifat antiseptik, antibakteri, dan antiinflamasi. 

Obat totol jerawat 

Anda juga bisa mengatasi masalah jerawat di telinga dengan obat totol jerawat yang biasa dipakai di wajah. Kalau memang cocok, Anda juga bisa pakai produk dengan kandungan benzoyl peroxide, bisa dalam bentuk sabun, gel, krim, atau losion. Tipe obat jerawat ini cukup ampuh dalam mengatasi jerawat karena bisa membantu membunuh bakteri juga. 

Menjaga kebersihan 

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar telinga. Pastikan Anda tidak malas-malasan keramas ya. Selain itu, perhatikan juga kebersihan benda-benda lain yang sering menempel di telinga, baik itu earphone, helm, topi, dan hijab. Dengan kebersihan tubuh yang lebih terjaga, Anda bisa mencegah timbulnya jerawat.