Cara Memakai <i>Scrub</i> yang Benar Agar Bibir Lembut dan Merah Merona
Ilustrasi Scrub Bibir (Burst/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Ragam permasalahan bibir seperti kering, kasar, dan pecah-pecah tentu sering dialami. Misalnya, saat kekurangan asupan cairan, bibir pasti langsung menunjukkan perbedaan. Kalau sudah begini, lip balm otomatis jadi barang wajib dibawa ke mana-mana. 

Selain dehidrasi, perubahan cuaca, temperatur ekstrim, paparan matahari, dan kebiasaan merokok juga jadi faktor penyebab bibir kering. 

Eksfoliasi menjadi langkah penting untuk mengeliminasi penumpukan kulit bibir kering atau pecah-pecah. Namun, Anda harus ekstra hati-hati dalam melakukannya agar area bibir sensitif tidak terluka karena over-exfoliate

Salah satu trik yang bisa Anda lakukan adalah scrubbing. Untuk mendapatkan bibir lembut dan merah merona, simak cara memakai scrub bibir yang benar dan aman berikut ini.

Pastikan bahan scrub aman digunakan

Cara memakai scrub bibir dengan benar yaitu pastikan bahan scrub aman digunakan. Jika tidak memiliki produk lip scrub, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

Salah satu kombinasi paling aman adalah gula pasir dan madu. Di sini, gula beraksi sebagai eksfoliator dan diimbangi oleh madu sebagai emolien dan pelembap. Keduanya tidak memiliki efek terlalu abrasif sehingga tidak akan melukai bibir jika digunakan.

Cara memerahkan bibir dengan gula dan madu yaitu, campurkan 1 sendok teh gula dengan satu sendok teh madu di dalam wadah kecil. Lalu, pijatkan ke bibir selama 30-60 detik dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan handuk basah hangat secara perlahan.

Ketahui alternatif scrub bibir lainnya

Selain scrub, Anda juga bisa menggunakan sikat gigi untuk eksfoliasi kulit bibir. Tapi, jangan langsung menyikat bibir tanpa perantara apa-apa. Pulaskan lip balm tebal-tebal terlebih dulu, lalu gunakan sikat gigi bersih dan kering untuk menyikat bibir dalam gerakan memutar. Pilih sikat dengan bulu halus agar bibir tidak lecet.

Hindari menggosok bibir terlalu keras

Kulit bibir lebih sensitif dibandingkan kulit di area lainnya. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan eksfoliasi atau scrubbing secara lembut demi menghindari iritasi dan luka.

Selalu gunakan lip balm setelahnya

Setelah proses eksfoliasi bibir selesai, selalu akhiri dengan pemakaian lip balm untuk menenangkan area bibir, sekaligus untuk memberikan kelembaban bernutrisi.

Hindari eksfoliasi berlebihan

Tentu Anda menyukai sensasi bibir lembut setelah di-scrub. Tapi ini bukan berarti Anda bisa melakukannya setiap hari. Jika belum terbiasa scrubbing bibir, mulai dengan interval seminggu sekali terlebih dulu. Jika aman, baru lanjutkan menjadi 2 kali seminggu, dan tak melebihi itu.