Agar Tidak Berantakan, 7 Trik Mudah Memakai Lipstik Ombre
Ilustrasi cara memakai lipstik ombre (Pexels/Oleg Magni)

Bagikan:

JAKARTA – Setiap warna lipstik memberi kesan yang berbeda, seperti warna merah yang mencitrakan rasa percaya diri cukup. Dalam menyapukan lipstik, juga menciptakan kesan yang berbeda, seperti salah satunya ombre. Sapuan lipstik ombre, tren sejak satu dekade terakhir.

Ombre mengesankan penampilan vintage  dipadukan gaya rambut bob, bibir ‘cemberut’, dan sapuan warna bibir light. Mengutip dari MyGlamm, Rabu, 2 Februari, ombré berasal dari bahasa Prancis yang berarti ‘teduh’.  Istilah ini tidak hanya dikenakan pada trik pewarnaan bibir dengan kombinasi warna-warna cantik nan teduk, tetapi juga pada rambut dan kuku.

Warna bibir ombré mengacu pada percampuran dua warna lipstik yang monokrmatik dan warna-warna berani tetapi dengan tone yang lebih lembut. Tujuan memadukan dua warna untuk menciptakan efek bayangan menggunakan aplikator atau kuas. Biasanya, lipstik bibir ombré menggunakan warna lebih gelap ke warna terang, intensinya menciptakan ilusi bibir lebih penuh.

Memakai lipstik gradien ini tentang memadukan warna. Maka enggak bisa sembarangan supaya sapuan lipstik ombré terlihat lebih rapi dan komposisinya sempurna. Kombo paling mudah ialah memadukan lipstik warna merah dengan warna cokelat paling gelap yang akan memberikan ilusi ‘bibir penuh’.

cara memakai lipstik ombre
Ilustrasi cara memakai lipstik ombre (Pexels/Ali Pazani)

Tak hanya dua warna tersebut yang bisa disandingkan, Anda juga bisa menggunakan lipstik nude pink dengan oranye menyala untuk ombré musim hangat. Atau pada musim yang lebih dingin, bisa memadukan warna red wine dengan cokelat gelap. Nah, untuk mendapatkan sapuan sempurna, berikut triknya.

1. Pilih kombinasi warna yang fantastis

Rekomendasinya, pilih warna yang lebih berani dipadukan dengan warna yang lebih terang. Kemudian putuskan, bagaimana Anda ingin menyapukannya di bibir. Mulai dari warna gelap di tengah menuju warna muda hingga tepi garis bibir atau sebaliknya.

Pastika juga bibir tidak kering sebelum mengaplikasikan lipstik. Bisa dengan memberikan pelembap sebagai base.

2. Gunakan scrub bibir untuk mengangkat kulit mati

Kulit mati memengaruhi hasil akhir dari aplikasi lipstik. Maka kenakan scrub untuk mengangkat kulit mati terlebih dahulu sebelum menyapukan warna demi warna di bibir.

3. Pilih jenis lipstik yang ingin Anda gunakan

Banyak sekali varian lipstik, mulai dari lipstik cair, matte, lip liner, hingga lip tint. Paling tren ialah lip tint Implora yang diklaim memiliki warna menarik namun efek pada bibir akan bervariasi. Anda bisa memilih setiap jenis lipstik yang paling cocok dengan selera Anda.

4. Pakai warna base

Warna dasar atau base color perlu dipilih secara tepat. Paling bagus, pilih warna yang lebih gelap yang diaplikasikan di tepi bibir dengan menggunakan kuas bibir tipis supaya lebih rapi.

5. Beri sentuhan dengan lipstik lebih ringan

Isi bagian tengah bibir dengan warna lipstik yang lebih ringan. Kemudian blending kedua bagian bibir, atas dan bawah. Biar merata, Anda bisa mengenakan kuas atau aplikator yang lembut.

6. Pencampuran

Langkah ini merupakan tahap yang paling penting, yaitu pencampuran antara dua warna. Supaya dua warna lipstik berpadu sempurna, aplikasikan dengan kuas bibir dengan gerakan ke atas.

7. Sentuhan akhir

Sentuhan akhir, Anda bisa menambahkan lipgloss supaya terlihat hasil akhir yang mengkilap. Sentuhan lipglos sekali sapuan mengakhiri keuletan Anda memadukan dua warna dalam satu tujuan, mendapatkan aksen ombré pada bibir Anda.

Suka dengan aksen ombré dalam memakai lipstik? Jangan lupa merawat bibir agar warnanya tak menggelap dan mengonsumsi asupan yang mendukung kelembapan bibir.