Makanan Penyebab Jerawat di Dagu yang Jarang Disadari, Kendalikan Meski Menggoda
Ilustrasi penyebab jerawat di dagu (Freepik/gpointstudio)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Jerawat menjadi masalah kulit wajah yang kerap dikeluhkan banyak orang. Sering kali jerawat muncul dan tumbuh dengan bandel dan susah dihilangkan. Jerawat bisa muncul di beberapa area wajah, salah satunya di dagu. 

Jerawat di dagu sangat mengganggu penampilan hingga membuat tidak percaya diri. Meski ukurannya terkesan kecil, tapi jerawat di dagu akan terasa sakit saat tersentuh. Penyebab jerawat di dagu menjadi pertanyaan banyak orang. 

Jerawat di dagu bisa dialami oleh siapa saja, baik pria dan wanita. Munculnya jerawat disebabkan oleh adanya sel kulit mati, bakteri, atau minyak yang menyumbat pori-pori kulit atau folikel rambut. Tak banyak yang menyadari bahwa kondisi tersebut bisa terjadi karena faktor kesehatan kulit hingga 

Makanan Penyebab Jerawat di Dagu

Jerawat di dagu dapat disebabkan oleh berbagai faktor mulai dari kotornya kulit wajah, stres, siklus bulanan wanita, hingga fluktuasi hormon atau masa pubertas pada remaja. 

Selain berbagai kondisi tadi, ada beberapa makanan yang dapat memicu tumbuhnya jerawat di dagu. 

Makanan Berminyak dan Tinggi Garam

Salah satu jenis makanan yang memicu munculnya jerawat di dagu adalah makanan berminyak dan memiliki kandungan garam yang tinggi. Mengonsumsi makanan-makanan tersebut dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat di area wajah, salah satunya di dagu. 

Makanan berminyak dapat menyebabkan jerawat karena mengandung lemak jenuh, lemak trans, dan minyak yang dihidrogenasi. Berbagai lemak tersebut bisa menumpuk dalam sel dan membuat pori-pori pada kulit wajah jadi tersumbat. Kondisi tersebut menjadi pemicu komedo dan jerawat. 

Makanan Mengandung Gluten

Makanan lain yang dapat menyebabkan tumbuhnya jerawat adalah makanan yang mengandung gluten. Makanan yang memiliki kandungan gluten tinggi, di antaranya pasta, gandum, roti, terigu, dan serela. Makanan-makanan tersebut dapat mengakibatkan peradangan yang pada beberapa orang memicu munculnya jerawat.

Gluten adalah protein yang ada di bahan pangan yang berfungsi menjaga bentuk makanan. Konsumsi makanan yang mengandung gluten akan membuat produksi minyak berlebihan. Minyak yang menumpuk akan menyumbat pori hingga munculnya bakteri di kulit. 

Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula juga dapat menyebabkan munculnya jerawat di dagu. Banyak orang suka mengonsumsi makanan manis namun tidak sadar jika berdampak pada berbagai masalah kesehatan. Selain dapat meningkatkan masalah diabetes, makanan tinggi gula juga memicu kemunculan jerawat. 

Konsumsi makanan yang memiliki kadar gula tinggi akan meningkatkan hormon yang kemudian bisa memicu tumbuhnya jerawat. Kandungan gula yang tinggi berpengaruh pada kerusakan serat elastin dan kolagen kulit. Kondisi tersebut mengakibatkan sel kulit menjadi mati dan mengalami penumpukan kotoran yang menyebabkan munculnya jerawat. 

Makanan Pedas

Tak banyak yang mengira jika makanan pedas menjadi salah satu pemicu jerawat di dagu. Makanan pedas memang menggoda, namun jika dikonsumsi secara berlebih dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan yang kemudian berpengaruh ke kulit. Efek makanan pedas yang mengganggu pencernaan akan berdampak pada kesehatan kulit sehingga memicu munculnya jerawat. 

Cara Mengatasi Jerawat di Dagu

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi jerawat di dagu. Anda bisa melakukan penanganan yang alami maupun menggunakan bantuan obat. 

Menggunakan Obat Jerawat

Anda juga bisa menyembuhkan jerawat di dagu menggunakan obat jerawat. Obat jerawat yang berupa krim dioleskan pada jerawat anda secara lembut. Krim obat jerawat mengandung benzoil peroksida atau retinoid. Sebelum menggunakan obat jerawat, anda perlu konsultasi kepada dokter terlebih dahulu. 

Jangan Memencet Jerawat

Banyak orang ingin segera memecahkan jerawatnya dengan cara memencet. Pikirnya jerawat yang dipencet akan hilang dan tidak mengganggu penampilan wajah, Padahalnya jerawat yang dipencet justru menyebabkan jerawat terinfeksi, lebih lama kempes, hingga menimbulkan bekas jerawat. 

Jadi biarkan jerawat anda muncul dan tetap jaga kebersihan wajah anda. Tahan diri anda untuk tidak memencet atau sering menyentuhnya. 

Kompres Jerawat

Jerawat menimbulkan rasa sakit bila tersenggol atau area sekitarnya tersentuh. Anda bisa mengompres jerawat di dagu untuk mengurangi peradangan atau rasa nyeri pada jerawat. Cara mengompresnya yakni dengan air dingin. Cukup menggunakan es batu yang dibalut dengan kain lembut dan bersih selama 5 menit. 

Menjaga Kebersihan Wajah

Setiap orang perlu menjaga kebersihan wajah, baik itu perempuan maupun laki-laki. Ketika wajah anda bersih, maka kemungkinan muncul jerawat sangatlah kecil. Cara menjaga kebersihan jerawat sangat mudah, anda hanya perlu mencuci muka secara rutin. Jangan lupa untuk mencuci muka menggunakan pembersih wajah. 

Selain wajah, jaga juga kebersihan tangan anda. Jerawat di wajah bisa muncul karena tangan kotor kerap menyentuh kulit wajah.

Itulah beberapa makanan penyebab jerawat di dagu dan cara mengatasinya. Selain memperhatikan makanan yang dikonsumsi, anda juga perlu menjaga kondisi kesehatan baik fisik maupun pikiran agar tidak memicu tumbuhnya jerawat. 

Ikuti terus berita terkini dalam negeri dan luar negeri lainnya di VOI . Kamu menghadirkan terbaru dan terupdate nasional maupun internasional.