5 Bahan Alami yang Bermanfaat Menghilangkan Flek Hitam
Ilustrasi bahan alami untuk menghilangkan flek hitam (Freepik/haritanita)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Flek hitam bisa muncul di wajah, dada, tangan, dan kulit pada bagian tubuh lainnya. Hiperpigmentasi ini tidak hilang dengan sendirinya, artinya perlu melakukan perawatan agar tak memengaruhi kepercayaan diri. Kalau Anda lebih menyukai perawatan dengan memanfaatkan bahan alami, dermatologis menyetujui bahan-bahan ini berkhasiat. Mau coba cara berikut ini?

1. Eksfoliasi dengan pepaya

Eksfoliasi atau pengelupasan tujuannya mengangkat sel kulit mati yang menyebabkan hiperpigmentasi. Dengan pepaya, eksfoliasi bisa membantu memudarkan flek hitam karena mengandung asam semacam AHA (asam alfa-hidroksi). Menurut ahli bedah kulit Dendy Engelman, MD., FACMS, FAAD., dilansir Byrdie, Rabu, 21 September, AHA digunakan untuk kulit kering dan mengurangi tanda penuaan serta memperbaiki kulit. Lapisan atas yang menggelap, bisa dikikis secara perlahan dengan kandungan baik dalam pepaya.

Cara memanfaatkan pepaya untuk eksfoliasi, tumbuk pepaya hingga halus. Oleskan pada kulit sebagai masker dan diamkan selama 15-20 menit. Anda juga perlu memijat kulit dengan gerakan melingkar agar pengelupasan bekerja optimal.

bahan alami untuk menghilangkan flek hitam
Ilustrasi bahan alami untuk menghilangkan flek hitam (Freepik/racool studio)

2. Kunyit untuk meratakan warna kulit

Telah berabad lamanya orang India dan Amerika Tengah memakai kunyit sebagai penyembuh. Mulai dari menyembuhkan peradangan hingga melancarkan proses pencernaan. Manfaat kunyit juga bisa untuk kulit, karena telah terbukti menghambat produksi melanin yang membuat bintik-bintik hitam pada kulit. Untuk memudarkan flek hitam dengan kunyit, buatlah masker dari bubuk kunyit dicampur madu. Bisa juga menambahkan air lemon selama kulit tidak sensitif.

3. Mencerahkan kulit dengan yoghurt

Bahan pencerah kulit lainnya ialah yoghurt. Olahan dari susu ini dapat membantu memudarkan bintik hitam dengan mengelupas kulit. Seperti pepaya, yoghurt juga mengandung asam yang dapat memecah sel-sel kulit mati. Yoghurt bisa langsung dioleskan pada kulit, bisa juga dicampurkan dengan madu yang bersifat anti bakteri. Atau tambahkan oatmeal untuk eksfoliasi lebih optimal.

4. Tomat mencerahkan kulit akibat terpapar matahari

Setelah terpapar matahari warna kulit gelap atau memerah. Ini disebut kerusakan foto akibat sinar UV. Pasta tomat, ampuh untuk mengatasi masalah tersebut karena mengandung likopen, sama seperti buah lain yang berwarna serupa, seperti jambu biji dan jeruk bali. Anda bisa memanfaatkan tomat dengan membuat pasta tomat jadi masker. Bisa juga mengonsumsi tomat rutin setiap hari.

5. Kurangi flek hitam bekas luka dengan aloe vera

Banyak sekali produk skincare yang memformulasikan aloe vera atau lidah buaya. Aloe vera merupakan bahan yang dapat membantu melembapkan kulit, menyembuhkan luka, dan meningkatkan kesehatan kulit. Cara memanfaatkannya, dapatkan gel lidah buaya dari daunnya kemudian oleskan langsung pada kulit.