Bagikan:

JAKARTA - Flek hitam pada wajah adalah salah satu masalah kulit yang sering dialami banyak orang terutama wanita. Munculnya flek hitam pada wajah tentu seringkali membuat seseorang tidak dapat tampil percaya diri. Penyebab dari flek hitam sendiri bisa beragam, mulai dari paparan sinar matahari, penuaan, hingga bekas jerawat. 

Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara alami yang bisa Anda coba. Berikut beberapa metode ampuh yang bisa membantu menghilangkan flek hitam secara alami.

Pepaya

“Pepaya mengandung asam buah yang dikenal sebagai asam alfa-hidroksi atau AHA, yang merupakan eksfolian kimiawi,” kata Dr. Engelman dilansir dari Byrdie, Jumat, 12 Juli.

“AHA digunakan untuk kulit kering dan anti-penuaan serta bekerja memperbaiki kulit dengan menghilangkan lapisan atas kulit melalui pelemahan lipid yang mengikatnya. Sehingga menghilangkan sel-sel kulit kusam dan mati serta memperlihatkan sel-sel kulit yang sehat," lanjut Dr. Engelman.

Pepaya sangat efektif memecah sel-sel kulit dan terbukti meningkatkan produksi kolagen berkat pembuangan partikel mati. Pepaya secara khusus akan membantu mencerahkan dan membuat kulit tampak awet muda.

Untuk mengatasi flek hitam dengan pepaya, cukup tumbuk pepaya matang dalam mangkuk dan oleskan sebagai masker untuk membersihkan kulit. Diamkan selama 15-20 menit. Kemudian, saat melepas masker, Anda juga bisa menggunakan gerakan melingkar yang lembut untuk melakukan sedikit eksfoliasi tambahan guna menghilangkan lapisan atas sel kulit mati tersebut.

Jus lemon

Jus lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengeksfoliasi kulit dan mencerahkan flek hitam. Namun jus lemon juga dapat mengiritasi kulit dan membuatnya lebih sensitif terhadap sinar matahari, jadi gunakanlah dengan hati-hati dan encerkan dengan air atau madu sebelum mengoleskannya ke wajah. Biarkan selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu.

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloin yang dapat menghambat aktivitas tirosinase dan mengurangi produksi melanin. Bahan ini juga dapat menenangkan dan melembabkan kulit. Oleskan gel lidah buaya asli ke flek hitam Anda di wajah dan biarkan selama 20 hingga 30 menit sebelum dicuci. Lakukan ini dua kali sehari.

Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang dapat menghambat aktivitas tirosinase dan mencegah sintesis melanin. Ini juga dapat mengurangi peradangan dan melawan radikal bebas. Campur bubuk kunyit dengan susu atau yoghurt hingga membentuk pasta dan oleskan pada flek hitam Anda. Biarkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu.

Jus nanas

Jus nanas mengandung bromelain yang dapat mengeksfoliasi kulit dan memudarkan flek hitam. Jus nanas juga dapat mencerahkan dan menghidrasi kulit. Campurkan jus nanas dengan tepung gram, pepaya tumbuk, dan madu hingga membentuk masker, lalu pijat pada wajah selama lima menit. Biarkan selama 15 hingga 20 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan ini sekali atau dua kali seminggu.

Ekstrak teh hijau

Penelitian menunjukkan bahwa ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi bila diaplikasikan pada kulit. Anda dapat membeli ekstrak teh hijau dan mengaplikasikannya sesuai petunjuk. Beberapa situs web menyarankan penggunaan kantong teh hijau pada flek hitam untuk mendapatkan efek mencerahkan. 

Ekstrak bunga anggrek

Ekstrak bunga anggrek sama efektifnya dengan pengobatan hiperpigmentasi vitamin C, menurut penelitian. Menerapkan ekstrak kaya anggrek ke kulit selama delapan minggu dapat memperbaiki ukuran dan tampilan bercak hitam.

Anda bisa membeli produk kulit yang mengandung ekstrak anggrek, antara lain masker, krim, dan scrub. Gunakan sesuai petunjuk untuk hasil terbaik.

Itulah beberapa bahan terbaik untuk menghilangkan flek hitam di wajah. Ingatlah bahwa hasil dapat bervariasi tergantung pada jenis, kondisi, dan tujuan kulit. Jadi bersabarlah dan konsisten dengan rutinitas perawatan kulit Anda. Selain itu, selalu kenakan tabir surya untuk mencegah kerusakan lebih lanjut dan perubahan warna pada kulit Anda.