Muncul Keriput di Sekitar Mulut, Ini 5 Cara Mengatasinya
Ilustrasi cara mengatasi keriput sekitar mulut (Freepik/kroshka_nastya)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Garis halus pada kulit merupakan salah satu tanda penuaan. Tetapi Anda tak perlu khawatir, karena kerutan di muka bukan hal buruk dan bisa diatasi dengan cara tertentu. Terdapat sejumlah alternatif cara mengatasi keriput sekitar bibir. Berikut tips yang bisa Anda lakukan.

1. Filler

Solusi paling umum mengatasi tanda penuaan adalah dengan suntikan filler yang berbasis asam hialuronat. Asam hialuronat diproduksi alami tubuh, tetapi semakin bertambah usia semakin sedikit diproduksi tubuh. Untuk garis-garis halus di sekitar area mulut, filler yang disuntikkan secara superfisial akan menggembungkan kulit dan mengisi garis dengan efek tampilan alami. Tentu saja, jumlah filler berbeda-beda untuk setiap kasus dan dokter kulit Anda dapat membantu memutuskan dengan tepat area masalah mana yang ingin diatasi.

cara mengatasi keriput sekitar mulut
Ilustrasi cara mengatasi keriput sekitar mulut (Freepik/ArtPhoto_studio)

2. Pijat dengan minyak esensial

Minyak tertentu yang bersifat antioksidan dapat membantu mengatasi keriput di sekitar bibir. Secara teknis, pijat dengan minyak zaitun, minyak kelapan, minyak biji anggur, berpotensi akan berhasil memudarkan garis halus pada kulit. Cukup pijatkan secukupnya pada garis-garis halus di sekitar area bibir menggunakan ujung jari Anda dan biarkan semalaman untuk penampilan yang lebih kencang.

3. Laser untuk pelapisan ulang

Laser banyak digunakan dalam mengatasi masalah pada kulit, dilansir Byrdie, Kamis, 23 Maret. Mulai dari memudarkan bintik hitam atau flek dan menghilangkan bekas jerawat hingga stretch mark. Sinar laser yang dikontrol dan dipakai untuk perawatan kulit dapat memicu produksi kolagen sehingga kulit tampak lebih halus, muda, dan lembut.

cara mengatasi keriput sekitar mulut
Ilustrasi cara mengatasi keriput sekitar mulut (Freepik/senivpetro)

4. Serum berbasis kolagen

Seperti asam hialuronat, kolagen juga sedikit diproduksi tubuh seiring bertambahnya usia. Benar bahwa kolagen adalah salah satu protein yang meningkatkan kesehatan kulit. Kolagen juga berperan menjaga jaringan ikat serta meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit. Serum berbasis kolagen, bisa dipakai rutin malam hari. Ini membantu kulit sekitar bibir kencang kembali dan tetap lembap.

5. Microneedling

Microneedling bekerja memicu produksi kolagen kulit yang dilakukan oleh professional dan setelah berbicara dengan dokter kulit. Microneedling adalah proses menusuk kulit dengan jarum kecil yang sangat halus untuk menghasilkan kolagen baru dan kulit yang lebih kencang.

Itulah kelima alternatif cara mengatasi garis halus kulit sekitar bibir. Untuk mencegahnya, Anda bisa menghindari pemakaian sedotan atau pipet karena mendorong rusaknya elasitistas kulit dan kolagen. Kurangi atau berhenti merokok dan jangan lupa memakai tabir surya yang melindungi kulit dari sinar UV.