7 Jenis <i>Treatment</i> Wajah yang Dilakukan Tanpa Operasi Plastik
Ilustrasi jenis treatment wajah tanpa operasi plastik (Freepik/Pressfoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Dalam industri kecantikan, berbagai treatment wajah atau perawatan yang dilakukan sesuai prosedur banyak dilirik. Termasuk yang paling rumit dan berisiko, yaitu operasi plastik. Di samping melakukan operasi plastik, layanan estetika dan klinik kecantikan menawarkan hasil yang menggiurkan. Mulai dari mengencangkan kulit wajah, membentuk hidung lebih lancip, hingga mengubah struktur tulang dagu. Sedangkan perawatan sesuai prosedur dan alat khusus tanpa operasi, umumnya terdapat jenis-jenis treatment berikut ini.

1. Untuk kulit lebih segar

Facial secara manual, mungkin Anda cukup familiar. Tetapi hydrafacial atau facial mekanis bertujuan mengelupas kulit dengan klaim deep-cleansing, eksfoliasi dengan bahan asam ringan, menghilangkan penyumbatan pori-pori, dan menghujani kulit dengan serum agar terhidrasi. Perawatan ini bisa dilakukan oleh berbagai usia.

jenis treatment wajah tanpa operasi plastik
Ilustrasi jenis treatment wajah tanpa operasi plastik (Freepik/Artphoto_studio)

2. Menebalkan bibir

Perawatan bibir agar lebih tebal dan seksi disebut perk. Treatment ini tidak menggunakan jarum, tetapi dilakukan dengan menyedot bibir Anda sedikit demi sedikit kemudian merendamnya dalam larutan protein gandum agar ‘menggembung’. Perawatan ini tidak permanen, tampilan bibir tebal dengan perk hanya bertahan beberapa hari saja.

3. Mengurangi kulit kemerahan karena rosacea

Rosacea tidak bisa diobati dengan treatment kecantikan. Karena ini merupakan kondisi yang harus ditangani secara medis. Tetapi layanan kecantikan banyak menawarkan Intense Pulse Light (IPL) atau laser pulse-dye yang dapat memudarkan warna kemerahan karena rosacea. Bagi Anda yang mengalami rosacea, perlu memakai tabir surya untuk mengurangi risiko kemerahan semakin parah karena paparan sinar UV.

jenis treatment wajah tanpa operasi plastik
Ilustrasi jenis treatment wajah tanpa operasi plastik (Freepik/kroshka__nastya)

4. Menghilangkan double chin

Teknologi kecantikan, terutama dalam menghilangkan double chin tanpa operasi dilakukan dengan pembekuan lemak atau dikenal cool sculpting. Pembekuan dilakukan di bawah dagu untuk menegaskan rahang. Perawatan dilakukan dengan mendinginkan lemak hingga 4 derajat Celsius keemudian mengiduksi sel mati sekitar 27 persen dari sel lemak yang dibekukan. Sel ini secara bertahan dikeluarkan selama beberapa minggu berikutnya.

5. Untuk menghilangkan jerawat

Melansir Byrdie, Senin, 16 Januari, salah satu perawatan yang bisa membantu kulit rentan berjerawat ialah intraceuticals. Di mana perawatan ini menyemburkan secara halus asam hialuronat menggunakan tekanan oksigen. Perawatan ini bertujuan memberikan hidrasi mendalam sehingga kulit yang radang lebih tenang dan jerawat hilang.

Perawatan lebih klasik untuk menghilangkan jerawat, menggunakan sinar LED biru yang mengubah sifat bakteri dari jerawat. Sehingga radang berkurang tetapi perlu dilakukan dua kali seminggu dan perawatan selama 2-3 minggu.

jenis treatment wajah tanpa operasi plastik
Ilustrasi jenis treatment wajah tanpa operasi plastik (Freepik/master1305)

6. Menghilangkan bekas jerawat

Microneedling populer dilakukan untuk mengatasi pori-pori lebar bekas jerawat. Dilakukan dengan membuat tusukan kecil, ini bertujuan merangsang produksi kolagen sehingga bekas jerawat terlihat lembut, mulus, dan teksturnya lebih rata.

7. Mengatasi lingkaran hitam bawah mata

Seseorang yang memiliki lingkaran bahwa mata secara genetik perawatan dengan filler dilakukan. Selain menyamarkan kantung gelap di bawah mata, filler juga melembutkan cekungan dan membuat mata terlihat segar.

Botox juga masuk sebagai treatment wajah tanpa operasi selain ketujuh jenis perawatan di atas. Tujuan botox untuk memperbaiki tekstur, menyamarkan otot, dan menghilangkan kerutan.

Seluruh proses perawatan atau treatment wajah di atas wajib dilakukan oleh ahlinya. Untuk itu, konsultasikan pada pakar dan klinik berlisensi apabila membutuhkan perawatan dalam memperbaiki penampilan pada wajah.