Bekas Jerawat Bikin Tampilan Wajah Kurang Maksimal, Begini Cara Mengatasinya
Ilustrasi (Matt Maloney/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bekas jerawat tak hanya bisa dihilangkan dalam waktu semalam. Butuh kesabaran dan ketelatenan untuk bisa melenyapkan bekas jerawat dari wajah. Selain menggunakan produk skincare khusus dan melakukan treatment kecantikan untuk meminimalisir bekas jerawat. Alangkah baiknya Anda mencegah munculnya bekas jerawat tersebut. Ya, kemunculan jerawat dan bekasnya bisa dicegah dengan mudah. Asalkan, Anda perlu rajin mempraktikkannya di rumah. Melansir Sublimlife, Jumat, 21 Oktober, berikut tips mengatasi jerawat serta bekasnya. 

Gunakan tabir surya

Penggunaan tabir surya bukan saja disarankan oleh para pakar kecantikan tapi juga oleh dokter kulit. Pasalnya, tabir surya dapat membantu dalam memelihara kesehatan kulit. Produk skincare satu ini dapat mengurangi risiko kulit terpapar sinar UV yang berbahaya. Selain itu, tabir surya juga mampu mencegah timbulnya bintik hitam dan hiperpigmentasi. 

Jangan memencet jerawat

Godaan memencet jerawat memang tak bisa dihiraukan. Tapi Anda perlu menghindarinya sebab jika dilakukan secara tidak benar maka bisa meningkatkan risiko infeksi jaringan parut. Jika jaringan parut rusak maka kemungkinan besar skin barrier tidak bekerja optimal sehingga memicu peradangan dan membuat jerawat sembuh lebih lama. Sering memencet jerawat juga bisa mengakibatkan bakteri menyebar ke dalam pori-pori dan folikel rambut sehingga memungkinkan semakin banyak jerawat muncul.

Gunakan produk pembersih dan eksfoliasi yang lembut

Jangan pernah menggosok wajah terlalu keras saat membersihkan wajah dengan produk pembersih atau pada saat eksfoliasi. Pun disarankan untuk tidak menggunakan produk skincare dengan bahan kimia yang kuat untuk menghilangkan bekas jerawat. Sebab hal ini bisa sebabkan kemerahan, gatal, dan peradangan kulit. Selalu gunakan produk ringan dan gerakan lembut saat membersihkan wajah.

Gunakan alat pijat wajah

Teknik Tiongkok kuno seperti gua shas dan rol wajah tidak hanya mengembalikan energi pada kulit dan meningkatkan drainase limfatik, tetapi juga menyehatkan kulit dari dalam. Kedua alat ini membantu menghilangkan racun berbahaya, menenangkan peradangan, dan meregenerasi jaringan kulit. 

Hidrasi kulit dari luar maupun dalam

Air memainkan peran penting dalam mencegah jerawat dan bekasnya. Anda perlu minum air untuk menghidrasi kulit dari dalam untuk menghindari produksi minyak berlebih. Yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat dan bekasnya.

Sabar

Meski Anda berharap bekas jerawat bisa hilang dengan cepat, namun tetap sabar menunggu jerawat puling secara bertahap adalah pilihan terbaik. Selalu ingat, dengan perawatan yang tepat, rutin, dan pengobatan yang efektif, bekas jerawat bisa diobati.