Kenapa Kulit Sekitar Mata Keriput? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi kulit sekitar mata keriput (Unsplash/June O)

Bagikan:

JAKARTA – Kebiasaan menyebabkan penampilan kurang indah, termasuk menjadi penyebab kulit sekitar mata keriput. Diluar semakin bertambahnya usia atau aging natural effect, penyebab berikut ini perlu diwaspadai dan dikurangi agar kulit terlihat mulus.

Paparan matahari

Terpapar matahari tidak hanya membuat warna kulit gelap atau tidak merata. Paparan matahari juga menyebabkan kulit sekitar mata keriput. Di bawah terik tanpa perlindungan dari sinar UVA jika terakumulasi bisa terlihat dari efeknya, timbul keriput dan garis-garis halus sekitar mata.

Ekspresi wajah

Melansir Medical News Today, Senin, 24 Mei, ekspresi wajah merupakan kondisi dinamis yang tidak mungkin ditepis. Tetapi, sebenarnya bisa disamarkan dengan kolagen alami pada kulit. Kolagen alami juga akan menurun produksinya seiring dengan bertambahnya usia.

Merokok dan vaping

Kandungan nikotin pada rokok dan vape menghambat sirkulasi darah di sekitar wajah. Kebiasaan ini juga menyebabkan munculnya keriput di bawah mata.

Sering menggosok mata

Saat mata lelah, kebiasaan menggosok sekitar mta sulit untuk disadari atau bahkan dihentikan. Kulit bawah mata memiliki struktur yang halus dan tipis. Apabila digosok, bisa merusak lapisan elastin dan membentuk garis-garis halus.

 

Tidak tidur telentang

Tidur miring dan tengkurap bisa menyebabkan kerutan datang lebih cepat dibanding pertambahan usia. Sebuah studi yang dilakukan tahun 2012 yang dipublikasikan di Journal of Cosmetics and Laser Therapy menemukan bahwa tidur dengan wajah menempel bantal bisa mengganggu kesepurnaan kulit.

Kurang cairan

Kulit dehidrasi atau kurang cairan bisa menimbulkan pengelupasan dan garis-garis halus terlihat lebih jelas terutama di sekitar mata.

Genetik

Keparahan tanda penuaan fisik bisa juga disebabkan bawaan genetik. Namun munculnya keriput paling umum terjadi disebabkan faktor dari luar.

Dari tujuh alasan kenapa kulit sekitar mata keriput di atas, ada cara sederhana untuk mengatasinya. Pertama, memilih produk perawatan kulit yang tepat, yaitu yang mengandung retonol. Selain itu, bisa juga menggunakan skin care dengan kandungan vitamin A murni atau disebut Retin-A.

Skin care yang mengandung rumput laut juga bermanfaat sebab mengandung bioaktif yang baik untuk kulit. Cara kedua, memastikan kulit terlindungi apabila hendak di kawasan matahari terik. Misalnya dengan mengaplikasikan pelembab dan tabir surya atau mengenakan topi serta kacamata sunscreen.

Selanjutnya, keriput dapat sedikit dikurangi dengan menjalani kebiasaan-kebiasaan sehat. Seperti menjaga nutrisi alami terserap maksimal oeh tubuh, hidrasi tubuh cukup, tidak merokok dan vaping, serta memilih posisi tidur yang tepat.