Tanpa Disadari, 9 Hal Sederhana Ini Menyebabkan Penuaan Dini pada Kulit
Ilustrasi penuaan dini pada kulit wajah (Unsplash/speckfechta)

Bagikan:

JAKARTA – Penuaan pada kulit tidak hanya disebabkan paparan cahaya matahari. Meski ini adalah penyebab paling umum terjadi, tanpa disadari beberapa hal sederhana seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.

Banyak konsumsi makanan manis

Tidak hanya memperlebar lingkar pinggang, banyak konsumsi makanan manis menyebabkan proses glikasi merusak elastisitas dan kolagen pada kulit. Ini akan menyebabkan kulit keriput. Maka, nikmati makanan manis secukupnya saja agar tidak memengaruhi kesehatan maupun penampilan Anda.

Olahraga berlebihan

Alih-alih mendapatkan tubuh sehat, olahraga berlebihan justru berpengaruh buruk pada banyak hal. Termasuk membikin kulit jadi kendur. Lebih spesifik lagi, Anda tak perlu jogging berlebihan agar tidak merusak kolagen.

Ahli menyarankan, olahraga lari yang singkat dan sesuai kemampuan sehingga tidak memengaruhi kulit wajah.

Lupa mengganti sarung bantal

Mengganti sarung bantal secara rutin meminimalisir penyumbatan pori-pori. Sebab sarung bantal berbahan katun dapat menampung kotoran, minyak, serta sisa-sisa produk perawatan kulit sehingga membikin masalah pada kulit wajah.

Bahan sarung bantal yang rekomended adalah sutra maupun satin. Sarung bantal katun dapat menyerap kelembapan kulit. Kalaupun memakai sarung bantal katun, pastikan suhu kamar tidur netral dan Anda perlu menggantinya secara rutin.

Salah makeup

Riasan atau makeup memberikan efek visual agar lebih memesona. Tetapi apabila salah memilih tone, justru akan berefek sebaliknya.

Terlalu banyak minum minuman beralkohol

Meskipun wine pada ukuran tertentu baik untuk kesehatan, tetapi jika terlalu banyak tidak akan menguntungkan untuk kulit Anda. Dilansir Shape Magazine, Senin, 26 April, alkohol dapat memicu munculnya rosacea, jerawat, dan kerutan di kulit wajah.

Sering mengalami stres

Stres dalam tingkat yang aman dapat meningkatkan kewaspadaan dan memperbaiki kinerja. Tetapi, ketika stres tak terkendali dapat buruk pengaruhnya pada fisik dan mental. Hal terkecil yang dialami dapat menurunkan kolagen.

Hal paling besar, mengalami stres berisiko penyakit kronis, depresi, tidak dapat fokus hingga mengalami anxiety.

Kebiasaan tidur yang buruk

penuaan dini pada kulit
Ilustrasi kebiasaan tidur yang buruk (Unsplash/Sharon McCutcheon)

Jadwal tidur yang tak menentu dapat memperburuk kondisi kulit Anda. Elma Baron dari Ohio Skin Study Center di University Hospitals Case Medical Center melakukan penelitian dan menemukan bahwa wanita yang kurang tidur menunjukkan tanda-tanda penuaan kulit dini.

Maka dari itu, atur jam tidur dan dapatkan tidur cukup setiap harinya.

Diet rendah lemak

Dilansir Allwomenstalk, ada jenis lemak yang baik untuk tubuh. Lemak dapat membantu mengurangi peradangan pada rosacea dan eksim. Bahkan, lemak dapat mengurangi risiko tumbuhnya jerawat.

Udara kering

Ketika musim kemarau maupun musim hujan, udara dingin dan kering membuat kulit juga terserap kelembapannya. Menurut Total Beauty, kelembapan kulit yang menurun rentan pada munculnya garis-garis halus dan kerutan.

Untuk meminimalisir permasalahan terakhir, hidrasi kulit dan perbanyak minum air mineral. Pakai pelembab serta penutup kepala hingga wajah agar tak terpapar matahari langsung.