5 Tips Mencuci Muka yang Benar Agar Terhindar dari Penuaan Dini
Ilustrasi (Andrea Piacquadio/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Anda pasti menganggap mencuci muka merupakan hal yang sederhana. Nyatanya mencuci muka ini tidak semudah kelihatannya. Terkadang tanda disadari kita kerap melakukan kesalahan dan bisa menyebabkan kulit menjadi keriput karena mencuci muka. 

Mencuci muka menjadi suatu rutinitas harian yang harus dilakukan tanpa memandang jenis kulit. 

Apapun jenis kulitnya, mencuci muka merupakan suatu kewajiban agar segala macam kotoran yang menumpuk seperti polusi, minyak, dan sisa make up dapat terangkat dan membuat kulit menjadi sehat dan terawat. 

The American Academy of Dermatology menganjurkan untuk mencuci muka maksimal 2 kali dalam sehari, yakni pagi dan malam.

Berikut ini 5 tips mencuci wajah yang benar agar terhindar dari penuaan dini seperti dilansir Herstory, Minggu 15 Agustus. 

Memilih Face Wash yang Tepat

Mengenali jenis kulit merupakan suatu kewajiban sebelum memilih produk apapun. Jika Anda memiliki jenis kulit kering dan sensitif sebaiknya memilih pencuci muka yang tidak berbusa, mengandung pelembab, dan bersifat antialergenik. Sedangkan kalau Anda memiliki jenis kulit berminyak dan rentang berjerawat, pilihlah pencuci muka yang mengandung asam salisilat.

Jangan Mencuci Muka dengan Air Hangat

Air hangat ternyata mampu mengikis lapisan minyak alami kulit lho. Akhirnya kulit menjadi kering, merah, dan gatal. Maka dari itu lebih baik menggunakan air dingin atau suhu ruang ketika mencuci muka. 

Memijat Muka Secara Perlahan

Lakukan pijatan ringan secara sirkular mengikuti aliran limfa. Menggosok wajah terlalu keras bisa menyebabkan wajah menjadi rentan alami iritasi.

Menggunakan Handuk setelah Mencuci Muka 

Pastikan menggunakan handuk bersih setelah mencuci muka dengan menepuk-nepuk wajah secara halus. 

Gunakan Pelembab

Kunci dari kulit yang sehat dan berkilau adalah kulit yang terhidrasi dengan baik. Anda juga harus memperhatikan jenis pelembab yang sesuai dengan kondisi kulit, ya.