Sederet Fakta Terkait <i>Hyaluronic Acid</i> yang Belum Banyak Diketahui Wanita
Ilustrasi (Ekaterina Bolovtsova/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Hyaluronic acid merupakan senyawa asam yang mampu menghidrasi kulit, mengurangi munculnya garis halus dan membuat kulit tampak lebih bercahaya. Senyawa ini bisa dengan mudah Anda jumpai dalam produk skincare mulai dari serum, sheet mask, hingga pelembab.

Meski tidak semua produk skincare dibuat sama namun kandungan ini dipercaya efektif menghidrasi semua tipe jenis kulit. Bahkan masih ada rahasia dari hyaluronic acid yang belum banyak diketahui. Apa saja? dirangkum dari Herworld, Kamis, 12 Agustus,  berikut deretannya.

Cocok untuk semua tipe kulit

Hyaluronic acid memiliki bahan aktif yang bertindak seperti humektan dimana fungsinya dapat menarik dan mempertahankan kelembapan sehingga kulit dapat terhidrasi dengan baik. Bagusnya lagi, senyawa ini tidak menyebabkan iritasi dan tidak memicu reaksi alergi pada kulit. 

Saat diaplikasikan pada kulit kering, asam hialuronat dapat memuaskan dahaga kulit. 

Untuk kulit sensitif yang rentan terhadap gatal, asam hialuronat dapat menenangkan kulit, mengurangi iritasi dan peradangan. Sedangkan bagi kulit berminyak, asam hialuronat dapat mengikat sebum dalam kulit sehingga jumlah minyak pun dapat terkontrol.

Multifungsi

Hyaluronic acid juga sebenarnya bisa ditemukan secara alami dalam tubuh. Hanya saja, jumlahnya akan semakin berkurang sesuai pertambahan usia. Pada bayi, hyaluronic acid berfungsi membuat kulit jadi lebih kenyal, kencang, dan halus. Tidak hanya itu. Asam hialuronat juga diperlukan untuk menjaga agar persendian dapat terlumasi dengan baik.

Sebagai anti-aging

Seiring bertambahnya umur, kemampuan untuk menahan air juga makin berkurang. Tanda-tanda penuaan pun mulai terlihat jelas seperti garis halus, kulit kendor, dan hilangnya kekenyalan kulit.

Dengan menggunakan skincare berbahan dasar hyaluronic acid, tentu saja kulit Anda bisa jadi lembab, garis halus tersamarkan, dan menghaluskan tekstur kulit yang kasar. Bagusnya lagi, senyawa asam ini mengandung tinggi antioksidan sehingga dapat berfungsi sebagai penghalang di permukaan kulit yang dapat membentengi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas dan menunda tanda penuaan kulit.