Untuk Menjaga Kulit Wajah Tetap Kencang, Ini 5 Makanan Mengandung <i>Hyaluronic Acid</i>
Ilustrasi memakai serum hyaluronic acid (Unsplash/Mathilde Langevin)

Bagikan:

JAKARTA – Apabila Anda sering mengulik tentang kandungan yang baik untuk perawatan kulit, khususnya untuk usia 40 tahun keatas, tentu mengenal hyaluronic acid sebagai zat yang bermanfaat menjaga kulit tetap kencang, halus, lembab, dan memicu produksi kolagen alami.

Banyak wanita mengira bahwa hyaluronic acid hanya terdapat dalam sebotol serum dan cream perawatan wajah. Jangan keliru, beberapa daftar makanan di bawah ini dapat bermanfaat sebagai anti-aging.

Kaldu tulang

Mencampurkan kaldu tulang dalam sup sayuran adalah cara praktis untuk memanfaatkan pelepasan hyaluronic acid dari tulang ayam dan sapi. Selama 24 jam, tulang segar yang direbus dapat melepaskan kandungan yang bermanfaat memicu produksi kolagen alami kulit.

Sayuran akar

Sayuran yang berbentuk akar atau tak asing disebut dengan umbi antara lain lobak, wortel, bit, kentang, dan bawang. Sayuran tersebut tinggi kandungan asam hialuronat. Apabila mengonsumsi sayuran ini secara rutin, maka dapat membantu kulit tetap kencang terjaga.

Makanan berasal dari kedelai

Tempe dan tahu termasuk makanan Nusantara yang berbahan utama kedelai. Produk kedelai sendiri membantu meningkatkan kadar hyaluronic acid dalam tubuh. Anda bisa membuat variasi makanan dari kedua bahan makanan tersebut. Misalnya mencampurkan tahu dalam salad, sup, maupun merebusnya.

Buah sitrus

Jeruk dikenal sebagai salah satu jenis buah sitrus. Manfaatnya tak hanya mempercantik lapisan kulit paling luar, tetapi juga baik untuk kesehatan tubuh Anda. Disamping jeruk, buah-buahan seperti pisang dan tomat juga mampu menutrisi kulit agar terlihat halus, kenyal, dan fresh.

Sayuran berwarna hijau

Sayuran dengan warna hijau mengandung klorofil, serat, dan tentu saja hyaluronic acid. Ini mengapa Anda perlu menambah porsi sayuran dan mengurangi makanan karbohidrat sederhana. Makanan dari sayuran hijau mampu menutrisi tubuh dan menjaga kulit terlihat glowing.

makanan yang mengandung hyaluronic acid
Ilustrasi wanita bercermin (Unsplash/Elisa ph)

Dilansir dari Healthline, Jumat, 26 Maret, kolagen dan elastin adalah protein yang solid membentuk tekstur kulit. Karena kolagen dan elastin, kulit lebih sehat dan terlihat lebih muda.

Beberapa cara untuk membuat kulit tetap kencang, disamping rutin mengonsumsi makanan mengandung hyaluronic acid, adalah dengan melakukan beberapa langkah perawatan. Seperti memakai masker alami dari gel lidah buaya, minum teh ginseng, dan mengonsumsi ekstrak daun ketumbar.

Disamping merawat kulit dengan memilih makanan bernutrisi untuk dikonsumsi, pastikan Anda tidak terpapar matahari dengan memakai pelindung atau memoleskan cream tabir surya yang terpercaya.