5 Langkah Sederhana Perawatan Wajah untuk Usia 40 Tahun ke Atas
Ilustrasi dua wanita beda usia (Unsplash/Walter Gadea)

Bagikan:

JAKARTA – Wajah yang segar tatkala tersenyum tentu menyenangkan untuk dipandang. Disamping itu, wajah juga mencerminkan karakter pemiliknya. Mulai remaja hingga usia 40-an, kulit wajah akan mengalami banyak perubahan, dari masih kencang sampai menemukan tanda-tanda penuaan.

Persoalan kulit aging memang jadi persoalan wanita pada umumnya. Tetapi, selama dirawat dengan baik dan sesuai dengan kebutuhan kulit maka akan tetap terjaga kelembapan serta kekencangannya. Apakah Anda mulai mencari-cari bagaimana cara perawatan kulit wajah untuk usia 40 tahun ke atas?

Ada kok langkah sederhana yang dapat dilakukan untuk merawat kulit wajah tetap indah. Simak rekomendasi langkah berikut yang bisa Anda pilih untuk menjaga kulit wajah tetap kencang dan memesona.

Rutin memakai cleanser

Pada usia 40 tahun ke atas, direkomendasikan memakai cleanser atau pembersih wajah yang mengandung ceramide, gliserin, dan vitamin E. Apa manfaat dari kandungan tersebut?

Singkatnya, seorang dematologis menyarankan pembersih yang mampu melembapkan secara alami. Ceramide akan mempertahankan kelembapan, gliserin akan memaksimalkan hidrasi permukaan kulit dari lapisan terdalam, dan vitamin E mampu memproduksi kelembapan alami.

Dokter Marta Viera dari Departemen Dermatology Universitas Miami merekomendasikan cuci tangan sebelum menyentuh wajah termasuk ketika akan membersihkan. Cuci wajah dengan air hangat untuk membuka pori-pori dan aplikasikan cleanser. Jangan lupa oleskan memutar dari wajah hingga leher.

Memakai tabir surya

Jika perawatan sehari-hari seperti mencuci wajah dan mengonsumsi makanan bernutrisi yang dibutuhkan kulit sudah dilakukan, Dr. Mona Gohara sebagai seorang profesor dermatologi klinis di Yale School of Medicine merekomendasikan beberapa kandungan dalam tabir surya untuk Anda.

Untuk merawat kulit wajah usia 40 ke atas tentu tak bisa lekang dari pemakaian tabir surya. Terutama perlu dipakai saat keluar rumah atau beraktivitas di luar ruangan. Kandungan tabir surya yang diperlukan untuk usia matang adalah zinc oxide, titanium dioxide, dan iron oxide.

Ketika memilih tabir surya, cek bagian komposisi di belakang kemasan dan temukan tiga kandungan tersebut. Zinc oxide dan titanium dioxide dapat meminimalisir munculnya flek hitam karena terpapar sinar UVA dan UVB.

Sedangkan iron oxide meminimaliris pengaruh sinar biru dari layar ponsel dan komputer pada kulit. Gohara merekomendasikan tabir surya SPF 30 untuk dioleskan pada wajah hingga telinga dan leher.

Pemakaian serum

Dokter Arisa Ortis, direktur laser dan dermatologi kosmetik di Universitas California menyarankan untuk memakai serum pagi yang mengangung antioksidan, antara lain vitamin C, E, B5 dan resveratrol. Fungsinya mencegah radikal bebas menempel dan merusak sel kulit.

perawatan wajah usia 40 tahun keatas
Ilustrasi memakai serum (Unsplash/Mathilde Langevin)

Serum malam disarankan mengandung peptide dan retinol. Kandungan tersebut membantu mengangkat sel kulit mati dan menipiskan garis keliput.

Moisturizer

Moisturizer atau pelembab untuk perawatan wajah usia 40 tahun ke atas perlu mengandung niacinamide, ceramides, gliserin, dan hyaluronic acid. Menurut Gohara, kandungan tersebut dapat menjaga kelembapan dan membuat kulit wajah tetap kencang.

Kenakan eksfoliator dua kali seminggu

Eksfoliator berfungsi mengangkat sel kulit mati, regenerasi sel baru, membersihkan pori-pori, dan mengurangi pigmentasi. Sarannya, eksfoliasi wajah dua minggu sekali dengan produk yang mengandung asam glikolat, laktat, mandelik atau asam salisilat.

perawatan wajah usia 40 tahun keatas
Ilustrasi eksfoliasi (Unsplash/Raphael Lovaski)

Disamping melakukan perawatan wajah dengan lima langkah di atas, Anda dapat menambahkan krim leher dan krim mata. Krim leher dipakai untuk mengurangi kerutan, terutama yang mengandung tetrapeptida, ekstrak alga, glukosamin, dan asam lemak omega-3.

Anda dapat mengoleskan krim leher setiap spagi dan sore hari. Karena tekstuk krimnya lebih tebal daripada pelembab atau tabir surya, jadi aplikasikan tipis-tipis saja.

Nah, sedangkan krim mata dapat berfungsi menipiskan lingkar hitam dan keriput bawah mata. Pilihlah krim mata yang mengandung kafein, niacinamide, dan asam hialuronat untuk menipiskan garis halus bawah mata.