Ketahui Penyebab Munculnya Flek Hitam di Wajah dan Cara Pencegahannya
Ilustrasi Flek Hitam di Wajah (Craig Adderley/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Flek hitam merupakan bercak warna kecokelatan yang biasanya muncul di area sekitar wajah. Munculnya flek hitam ini terkadang bisa menurunkan kadar percaya diri. Tapi, apa sih sebenarnya yang menjadi pemicu timbulnya flek hitam pada wajah? 

Bekas jerawat

Saat timbul jerawat di wajah, hal yang paling sering dilakukan adalah memencetnya. Kegiatan ini memang membawa kepuasan tersendiri, namun bisa muncul flek hitam setelah itu. Memencet jerawat dapat memicu peradangan dan hiperpigmentasi kulit. Jadi, hilangkan kebiasaan memencet jerawat kalau Anda tak ingin flek hitam menguasai wajah.

Bekas luka

Meski jarang, tapi tak menutup kemungkinan jika wajah kita bisa terkena luka. Luka kecil seperti gigitan serangga atau goresan kuku, dapat menyebabkan flek hitam setelah sembuh. Untuk itu, jika wajah Anda terluka, segera cari obat untuk dioleskan pada wajah, ya. Pengobatan yang tepat dapat mempercepat proses penyembuhan dan menghilangkan bekas luka dengan cepat.

Paparan sinar matahari

Paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan flek hitam di wajah. Flek hitam akan muncul di area-area yang paling sering terpapar sinar matahari. Untuk itu, jangan lupa menggunakan tabir surya untuk menghalau wajah dari terpaan sinar matahari.

Diabetes

Selain menyebabkan luka sulit sembuh, penyakit diabetes pun dapat membuat wajah penderita jadi lebih gelap. Kondisi kulit wajah yang menghitam akibat diabetes dikenal dengan necrobiosis lipoidica atau benjolan padat kecil yang tampak seperti jerawat. Lambat laun, benjolan ini akan mengempis dan berubah menjadi bercak berwarna cokelat. 

Penggunaan obat kontrasepsi

Penyebab munculnya flek hitam di wajah juga bisa terjadi karena penggunaan obat kontrasepsi. Jika beberapa kandungan senyawa dalam obat kontrasepsi kurang cocok dengan tubuh, maka besar kemungkinan akan menyebabkan bercak hitam pada wajah. Untuk mencegahnya, cobalah berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat kontrasepsi.