Tak Main-Main, Terlalu Sering Menggunakan Gawai Bisa Berdampak Buruk bagi Kulit
Ilustrasi Sering Menatap Gawai (Mikoto.raw/Pexels)

Bagikan:

JAKARTA - Di era modern saat ini, rasanya semua orang tidak akan pernah bisa hidup tanpa gawai. Tiap hari Anda pasti meluangkan waktu untuk mengecek gawai, baik untuk melihat informasi apa yang telah dilewatkan atau hanya sekedar memanfaatkan beberapa fitur yang ada di gawai.

Tidak cuma itu, tuntutan pekerjaan di zaman ini pun membuat Anda untuk selalu menatap layar laptop. Namun, tahukah Anda kalau paparan cahaya biru dari gawai dapat berdampak buruk bagi kulit? Biar makin awas dengan masalah satu ini, berikut VOI paparkan efek dari sering menggunakan gawai pada kulit Anda.

Mata Panda

Akibat menatap gawai secara terus menerus bisa berdampak pada mata Anda. Mata akan menjadi berat sehingga memicu munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Untuk itu, mulailah mengurangi penggunaan gawai secara berlebihan.

Kulit jadi lebih gelap

Menghabiskan waktu selama 4 jam di depan layar sama saja dengan mendapatkan sinar matahari selama 20 menit di siang hari. Sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Investigative Dermatology pada 2010 memaparkan bahwa paparan sinar biru dari gawai dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada orang dengan warna kulit sawo matang hingga gelap. Sedangkan orang dengan warna kulit lebih terang, relatif tidak berpengaruh. Kulit yang menggelap itu akan bertahan selama beberapa minggu.

Muncul tanda penuaan

Melansir laman Harper’s Bazaar, Selasa, 23 Februari, paparan sinar biru akan membuat ritme sirkadian alami pada kulit menjadi tidak sinkron. Hal ini dapat menimbulkan keriput, kulit kendur, hingga bintik hitam di wajah.

Mathew M. Avram, direktur Pusat Dermatologi Laser dan Kosmetik Rumah Sakit Umum Massachusetts seperti dilansir dari halodoc menyebutkan bahwa kolagen dalam tubuh bisa terurai jika sering terkena sinar biru dari gawai. Seperti yang diketahui, kolagen merupakan protein dalam tubuh yang bisa mencegah proses penuaan.

Jika kolagen dalam tubuh berkurang, maka besar kemungkinan Anda akan mengalami penuaan dini lebih cepat dari usia.

Bekerja memang jadi satu hal wajib dilaksanakan, namun alangkah baiknya Anda juga memerhatikan kondisi kesehatan kulit. Sebaiknya, imbangi dengan asupan makanan bergizi dan nutrisi seimbang. Penerapan pola hidup sehat juga bisa menurunkan dampak negatif cahaya biru dari gawai.