5 Langkah Sederhana Mengurangi Berat Badan
Berat Badan (Bill Oxford/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Ketika ingin mengurangi berat badan, seringkali kita membayangkan tentang aktivitas berat dan membutuhkan waktu lebih. Apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang mengharuskan sebagian orang bekerja di rumah.

Sebenarnya, ada beberapa langkah sederhana yang bisa Anda lakukan meskipun Anda sulit beraktivitas di luar rumah. Simak di sini ya.

Minum air putih

Pastikan Anda selalu meminum air putih setidaknya setengah jam sebelum jam makan baik itu siang atau malam. Dilansir dari Hindustantimes, Senin, 24 Agustus, air dapat membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme sebanyak 24-30 persen. Bahkan menurut penelitian, orang yang minum air sebelum makan bisa mengurangi berat badan lebih mudah dibandingkan orang yang tidak minum air.

Air lemon sebagai pengganti

Air lemon sering digunakan sebagai minuman alternatif untuk menurunkan berat badan tanpa risiko. Lemon memiliki nutrisi, menghidrasi, dan meningkatkan metabolisme serta menurunkan kondisi penyakit seperti diabetes. Tidak butuh topping, air lemon dapat disajikan hangat atau dingin. Anda juga bisa menambah daun mint atau 1 sendok madu untuk mendapatkan kesegaran lebih.

Makanan Pedas

Bagaimana bisa makanan pedas menurunkan berat badan? Penggunaan cabai dalam makanan yang mengandung capsaicin dapat menurunkan nafsu makan. Karena itu, semakin banyak mengonsumsi makanan pedas membuat kita semakin terbiasa dengan kandungan capsaicin.

Waktu Tidur

Sebagian orang seringkali mengesampingkan waktu tidur. Nyatanya, tidur memiliki elemen penting dalam menurunkan berat badan. Dengan tidur 8 jam sehari, kita bisa terhindar dari obesitas.  

Olahraga

Rasanya tidak bisa tidak menyebut olahraga ke dalam cara untuk mengurangi berat badan. Mulai berolahraga dan melakukan kardio dapat menurunkan berat badan Anda secara maksimal. Tidak perlu aktivitas berat, Anda bisa memulai kebiasaan work-out dengan berlari, berjalan, bersepeda, atau berenang.

Inilah 5 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan tanpa menghabiskan banyak waktu. Selain itu, mengurangi berat badan juga bisa meningkatkan kesehatan jiwa Anda. Selamat mencoba!