Bukan Cuma Susu, 5 Makanan ini Dipercaya Sumber Kalsium
Buah berry sebagai kandungan kalsium (Massimiliano Martini/UnSplash)

Bagikan:

JAKARTA - Menambah asupan kalsium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dari berbagai penyakit. Selain itu, kalsium bisa menambah asupan fungsi hati dan menghindari osteoporosis.

Biasanya kalsium dapat ditemukan dalam susu dan produk dairy lainnya. Namun bagaimana jika seseorang menghindari untuk mengonsumsi dairy atau dairy free diet tetapi ingin menambah asupan kalsium? Berikut ini ada beberapa alternatif menambah kalsium selain dari susu.

Sarden

Makanan ini memiliki kandungan yang baik untuk kalsium. Jika Anda bukan seorang vegetarian, Anda bisa menambahkan sarden dalam pilihan makanan sehari-hari. Anda bisa menaruh sarden dalam sandwich atau menjadi lauk pauk untuk makan siang Anda.

Kacang-kacangan

Baik kacang panjang maupun kacang hitam memiliki kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan. Anda bisa menambahkan kacang dalam makanan seperti pizza, pasta, atau sup. Tidak sulit menemukan kacang di supermarket atau pasar tradisional.

Buah-buahan

Memang tidak semua buah memiliki kalsium. Anda bisa mengonsumsi jeruk, berries, pepaya, nanas, dan kiwi untuk memberikan asupan nutrisi kalsium dalam tubuh. Tidak perlu repot, baik diproses maupun dipotong saja, buah-buahan tetap efektif.

Bok Choy

Dikenal sebagai kol dari China, bok choy adalah sayuran yang juga memiliki kalsium sebanyak 74 mg. Selain itu, mengolah bok choy untuk makanan sehari-hari juga mudah dilakukan.

Sayuran hijau

Rasanya tidak mungkin tidak memasukan sayuran ke dalam daftar ini. Sayuran hijau seperti brokoli, kale, dan bayam dipercaya memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Selain kalsium, sayuran ini juga mengandung magnesium dan potasium yang baik bagi tubuh.

Merawat tulang tidak hanya sekadar olahraga namun juga mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Kalsium tidak hanya ditemukan melalui susu tetapi juga makanan yang bisa ditemukan sehari-hari.