Tips Membersihkan Dapur Rumah dengan Bahan Sederhana
Membersihkan dapur (CDC/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Dapur Anda memiliki banyak kotoran dan bercak karena memasak? Anda pasti pernah merasakan mengingat aktivitas memasak dan membersihkan peralatan banyak digunakan di dapur.

Ada beberapa cara agar Anda bisa membersihkan dapur dengan bahan dan peralatan yang sederhana. Dilansir dari Hindustantimes, koki Sadaf Hussain akan memberikan berbagai tips.

Bahan Sederhana

Lemon, soda kue, dan cuka adalah tiga bahan yang mudah didapatkan untuk membersihkan kotoran mulai dari wastafel dapur, microwave, hingga pemanggang roti. Caranya cukup mudah; campurkan cuka putih dengan segelas air. Setelah tercampur rata, masukan ke dalam botol semprot dan pembersih bisa digunakan. Anda juga bisa menggunakan sisa perasan kulit lemon untuk membersihkan dapur.

Bercak-bercak di Dinding

Kegiatan memasak meninggalkan bercak di dinding. Kali ini, gunakan soda untuk bercak seperti itu. Selain soda, cairan yang mengandung asam bisa dipakai untuk membersihkan bercak seperti ini, seperti cuka, lemon, dan sabun.

 

Sakelar

Sakelar yang selalu digunakan orang yang tinggal di rumah meninggalkan noda yang tidak terlihat. “Taruh odol pada sikat gigi yang tidak terpakai dan mulai sikat sakelas yang digunakan. Pastikan sakelar sudah dinonaktifkan sebelum dibersihkan. Setelah itu bersihkan cairan dengan kain lembut,” kata Hussain.

Bau pada Tempat Sampah

Walaupun sudah dibersihkan, tempat sampah sering meninggalkan bau yang menyengat. Gunakan kapas yang tercampur dengan minyak esensial dan taruh di dalam tempat sampah dan sekitarnya. Setelah beberapa menit, tuangkan air dan soda kue, tunggu 5-8 menit untuk membersihkan bagian tersebut.

Pipa keran

Pipa keran yang sering terkena air juga meninggalkan bekas dan sisa-sisa kotoran. Jika dibiarkan, air ini dapat membuat kotor dan merubah warna pipa. Pastikan untuk selalu membersihkan bagian tersebut dengan bahan-bahan asam dan rutin membersihkan pipa. Hal ini juga dapat menghindari penyumbatan dalam proses pembuangan limbah.

Bagaimana, mudah bukan membersihkannya? Pastikan kondisi dapur tetap bersih dan terjaga untuk menciptakan suasana yang baik bagi keluarga.